Kami sangat senang dapat berkumpul kembali. Kegiatan ini, selain untuk mendukung Paslon 01, juga untuk mempererat tali silaturahmi antar relawan. Acara hari ini terasa spesial karena kami semua kompak seluruh Amerika
Jakarta (ANTARA) - Relawan Jokowi-Ma'ruf Amin di Amerika Serikat mencetuskan gerakan #AmerikaBerSATU untuk mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Gerakan itu diperkenalkan dalam sebuah kegiatan silaturahim relawan Jokowi-Amin, di New York yang diikuti secara serentak oleh para relawan dari Atlanta, Georgia, dan selatan Orlando, Sabtu 30 Maret waktu setempat.

Sebagaimana siaran pers di Jakarta, Minggu, dibawah kepemimpinan sesepuh Soeko Prasetyo dan Aryani Hamid, acara di New York ini dimulai dari Times Square dan berakhir di bawah Jembatan Brooklyn dan ditutup dengan foto bersama.

Sekitar 200-an relawan terlihat menggunakan kaos Amerika Bersatu yang secara khusus dicetak untuk menunjukkan komitmen mereka atas pasangan calon nomor satu.

Turut hadir pada acara ini Tricia Sumarijanto, penggagas gerakan Amerika BerSATU (#DC4Jokowi), Luska Lusitania, wakil Relawan Jokowi dari Connecticut (#RelawanJokowiCT), dan Ethmy Mowilos dari New Hampshire (#NH4Jokowi).

“Kami sangat senang dapat berkumpul kembali. Kegiatan ini, selain untuk mendukung Paslon 01, juga untuk mempererat tali silaturahmi antar relawan. Acara hari ini terasa spesial karena kami semua kompak seluruh Amerika,” tutur sesepuh relawan Aryani.

Aryani berharap acara ini tidak hanya membuahkan dukungan konkret untuk Jokowi-Amin namun juga menjadi sarana jaringan bagi banyak orang Indonesia yang berdomisili di New York dan sekitarnya.

Tricia Sumarijanto, selaku penggagas gerakan #AmerikaBerSATU, mengaku sengaja jauh-jauh datang dari Washington DC untuk berkumpul bersama para relawan.

“Inilah yang kami impikan selama ini. Seluruh relawan bekerja sama dengan satu suara, seperti kata Quincy Jones pada saat rekaman 'We Are The World', yaitu 'Check your egos at the door' (tinggalkan ego anda di depan pintu), inilah spirit Persatuan Indonesia yang harus terus dipupuk oleh seluruh masyarakat Indonesia terutama di luar negeri," ujar Tricia.

Adapun setibanya di Jembatan Brooklyn, para relawan membuka acara dengan pembacaan deklarasi yang dipimpin oleh Syaiful Hamid, dan ditutup dengan foto bersama.

Sementara itu di Atlanta, Georgia, bertempat di depan Gedung CNN Center Atlanta, 150-an Relawan Jokowi yang tergabung dalam gerakan #AmerikaBerSATU dan #Atlanta4Jokowi berkumpul bersama-sama untuk mengadakan deklarasi.

Para relawan memilih halaman Gedung CNN untuk menyelenggarakan acara ini karena nilai historis lokasi tersebut dengan berbagai pergerakan masyarakat di Atlanta.

Daniel Fu, salah satu warga Indonesia yang sudah tinggal di Atlanta sejak 1974, mengatakan bahwa dirinya teringat ketika masyarakat juga menyelenggarakan aksi solidaritas di lokasi yang sama pada tahun 1998.

“Saya berharap kejadian yang sama tidak terulang kembali di Indonesia,” ujarnya.

Mengenai Amerika BerSATU, Daniel mengatakan sudah saatnya semua relawan yang berada di lapangan melakukan konsolidasi kekuatan.

"Kita berkumpul hari ini untuk mendorong orang tidak jadi golput, supaya lebih terlibat dalam politik Indonesia, dan yang paling penting untuk memberikan suara pilihnya untuk Jokowi di pemilu mendatang," jelasnya.

Sementara itu di Orlando, Florida, relawan Jokowi-Amin menyelenggarakan Pasar Nusantara Florida di Kissimmee, sekitar satu jam di selatan Orlando. Lusi Sumarna, salah satu koordinator acara #AmerikaBerSATU #Florida4Jokowi ini mengatakan, partisipasi masyarakat Indonesia sangat besar dalam acara tersebut.

"Ini jelas menggambarkan keinginan kuat untuk terpilih kembalinya Pak Jokowi," ucap dia.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019