Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Pendidikan Provinsi Aceh menyatakan jumlah peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA di provinsi setempat yang akan berlangsung pada 1 sampai 8 April sebanyak 57.947 siswa.

"Alhamdulillah berbagai persiapan telah kita lakukan dan semua sekolah penyelenggara siap untuk melaksanakan UNBK yang dimulai Senin ini," kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin di Banda Aceh, Minggu.

Ia menjelaskan untuk menyukseskan pelaksanaan UNBK di Aceh, Dinas Pendidikan Aceh juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti unsur Kepolisian, Telkom, PLN serta Dinas Komunikasi, Informatika dan persandian Aceh (Diskominsa).

"Koordinasi ini sebagai upaya memastikan seluruh perangkat pendukung berjalan maksimal termasuk di dalamnya tidak ada pemadaman listrik selama penyelenggaraan UNBK," katanya.

Menurut dia, untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMA dan MA serentak secara nasional termasuk di Provinsi Aceh pada tahun 2019 digelar seratus persen .

Kadisdik juga berharap kegiatan tersebut tidak hanya sukses pelaksanaan, tapi juga sukses hasilnya dan memperoleh nilai yang telah ditargetkan.

Ia menambahkan motivasi orang tua untuk anak yang sedang mengikuti UNBK sangat penting karena dapat memberikan ketenangan hati agar anaknya bisa fokus 100 persen mengikuti UNBK.

"Kami juga berharap siswa dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menjawab soal dan jangan terburu-buru. Sebelum ke luar dari ruang UNBK, periksa kembali nama dan nomor ujian, termasuk jawaban yang dijawab apa sudah tepat," katanya.

Kepala Bidang SMA dan PKLK Dinas Pendidikan Aceh yang juga sebagai Ketua UN Aceh, Zulkifli mengatakan kesuksesan pelaksanaan UNBK tahun ini, sangat dipengaruhi pertama suplai listrik dari PLN dan jaringan internet dari Telkom/Telkomsel.

Ada pun mata pelajaran yang di UNBK meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Mata Uji Pilihan (Sesuai Jurusan).*


Baca juga: Status offline bikin peserta UNBK di Aceh Timur panik

Baca juga: Aceh targetkan hasil UNBK peringkat 17 besar nasional


 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019