counter

Pemerintah terus majukan esports di Indonesia

Pemerintah terus majukan esports di Indonesia

Konferensi pers Grand Final Turnamen Piala Presiden Esports 2019 bersama juara pertama Tim ONIC Jakarta, Menkominfo Rudiantara, Kepala Bekraf Triawan Munaf dan Ketua Panitia Giring Ganesha di Istora Senayan GBK, Jakarta, Minggu (31/3/2019) (Cornea Khairany)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah menyatakan komitmennya untuk terus mendukung perkembangan dan kemajuan cabang olahraga elektronik atau esports di tanah air.

Pernyataan tersebut disampaikan secara langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam konferensi pers usai pelaksanaan grand final turnamen Piala Presiden Esports 2019.

“Kami(pemerintah) akan mendukung terus esports di Indonesia. Kami ingin agar esports itu terus berkembang di tanah air dan berprestasi,” kata Rudiantara di Istora Senayan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu malam.

Dalam rangka memajukan esports, pihaknya pun berencana untuk membangun infrastruktur untuk jaringan internet di seluruh wilayah di Indonesia, sehingga masyarakat di daerah pelosok negeri dapat mengakses internet dengan mudah, sekaligus mengenal esports.

“Kami akan membangun infrastruktur internet di seluruh wilayah Indonesia. Dengan begitu, semakin banyak yang mengenal esports dan kita bisa terus mendapatkan bibit-bibit baru atlet esports yang nantinya akan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional,” ujar Rudiantara.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf berharap kedepannya dapat terbentuk suatu komunitas esports yang akan terus mendukung keberlangsungan esports itu sendiri di tanah air.

“Kami ingin suatu hari nanti bisa terbentuk suatu komunitas esports yang baik dan positif, dan semakin lama, komunitas itu juga dapat terus tumbuh dan berkembang, bahkan lengkap dengan berbagai macam prestasi. Ini yang menjadi cita-cita kami,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia pun menginginkan agar kedepannya bukan hanya atlet-atlet esports saja yang berkembang atau mengalami kemajuan dan peningkatan prestasi, tetapi juga sekaligus memicu para pembuat game lokal atau permainan untuk terus berkarya.

“Di satu sisi, kami ingin mendorong agar para pembuat game lokal terus berkarya membuat permainan-permainan yang bisa dikenal di luar negeri, atau bahkan dipertandingkan dalam kejuaraan esports. Artinya, para pembuat game lokal itu bisa go international,” kata Triawan.

Grand final turnamen Piala Presiden Esports 2019 digelar pada  30 hingga 31 Maret di Istora Senayan GBK, Jakarta. Dalam turnamen tersebut, tim esports ONIC Jakarta berhasil keluar sebagai juara pertama, sedangkan tim Louvre.JG Jakarta menjadi juara kedua dan tim PSG.RRQ Jakarta menjadi juara ketiga.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Alex Sariwating
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Semarak turnamen Indonesia Open 2019 di Istora

Komentar