Kupang (ANTARA) - Kepala SMA Negeri 2 Kupang, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Max Nggeolima mengatakan, ratusan orang tua siswa meminjamkan 188 unit laptop guna menyukseskan pelaksanan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019.

"Kami mendapat dukungan dari para orang tua siswa SMA Negeri 2 Kota Kupang yang secara sukarela telah meminjamkan 188 unit laptop untuk menyukseskan pelaksanaan UNBK 2019," kata Max Nggeolima ketika ditemui Antara di Kota Kupang, Senin.

Ia mengatakan, SMA Negeri 2 Kupang saat ini hanya memiliki 12 unit laptop sehingga tidak mencukupi untuk digunakan peserta UNBK 2019 yang jumlahnya mencapai 504 siswa.

"Sekolah kami hanya memiliki 12 unit laptop sehingga tidak bisa digunakan ratusan siswa. Kami minta partisipasi orang tua siswa yang memiliki laptop untuk pinjamkan laptopnya ke sekolah guna mendukung pelaksanaan UNBK," kata Max.

Max mengatakan, para orang tua siswa secara sukarela meminjamkan 188 unit laptop ditambah 12 unit lapot milik sekolah sehingga total 200 unit laptop yang digunakan dalam pelaksaan UNBK 2019.

Menurut Max, setiap tahun SMA Negeri 2 Kota Kupang hanya mampu melakukan pengadaan lima unit laptop melalui dana BOS yang anggaranya terbatas.

"Anggaran dana bos sangat terbatas karena hanya mampu melakukan pengadaan lima unit laptop karena dana BOS juga dimanfaatkan utnuk kegiatan lain," ujar Max.

Ia mengatakan, peran para orang tua siswa dalam mendukung pelaksaan UNBK dengan meminjamkan laptop sangat penting karena ikut menentukan keberhasilan UNBK di daerah ini.

Max mengatakan, komite sekolah SMA Negeri 2 Kota Kupang juga tidak memiliki kemampuan secara finansial untuk pengadaan lapotop karena latar belakang ekonomi orang tua siswa pada umumnya berasal dari keluarga tidak mampu.

"Kami berharap partisipasi para orang tua siswa untuk meminjamkan laptopnya pada saat pelaksaan UNBK seperti ini sehingga anak-anak mereka yang mengikuti UNBK bisa mengukiti ujian nasional dengan baik dan sukses," kata Mex.

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019