Ma'ruf Amin: Indonesia masih dihormati negara lain

Ma'ruf Amin: Indonesia masih dihormati negara lain

Calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin berbicara kepada wartawan setiba di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (1/4/2019). (ANTARA News/ Anom Prihantoro)

Surabaya (ANTARA) - Calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tidak sependapat dengan pernyataan Capres Prabowo Subianto karena Indonesia saat ini masih dihormati negara-negara lain di dunia.

"Saya kira pernyataan Prabowo tentang Indonesia tidak lagi dihormati negara lain itu tidak betul," kata Ma'ruf di Surabaya, Senin, menanggapi Prabowo yang dalam debat capres menyebut Indonesia tidak lagi dihormati dunia internasional.

Menurut dia, Indonesia saat ini masih diperhitungkan sepak terjangnya seperti mendamaikan konflik di negara lain dengan menjadi penengah pertikaian.

Saat ini, kata dia, Indonesia menjadi anggota tak tetap di Dewan Keamanan PBB.

"Kalau tidak dihormati kan tidak dipilih," katanya.

Indonesia, kata dia, juga dipercaya sebagai mediator konflik di Afghanistan. Sebagai mediator, Indonesia berupaya mencairkan ketegangan.

"Kebetulan saya sebagai Majelis Ulama Indonesia diminta oleh Presiden Jokowi untuk melakukan pertemuan dengan kelompok ulama pro dan anti terhadap pemerintah Afghanistan. Dipertemukan juga mereka dengan ulama Pakistan dan Indonesia," kata dia.

Dalam konflik yang menimpa Rohingya di Myanmar, kata dia, Indonesia juga berperan

"Di Rohingya kita berperan, Menlu Indonesia aktif sekali mengembalikan Rohingya ke rumahnya," kata dia.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemerintah minta masyarakat lakukan Shalat Idul Fitri di rumah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar