Pulau Punjung, (ANTARA) - Sekitar seribuan masyarakat dari pelbagai kalangan di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat akan mengikuti KPU Run dalam rangka sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat.

"KPU Run merupakan bagian dari rangkaian sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum Serentak 17 April 2019," kata Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Dharmasraya, Doni Kartago di Pulau Punjung, Senin.

Ia mengatakan KPU Run Dharmasraya digelar pada 7 April 2019 itu akan dimeriahkan dengan hiburan dan disediakan  doorprize menarik.

Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan momentum KPU Run sebagai wadah untuk mengetahui tahapan pemilu presiden dan legislatif di daerah itu.

"Di sela-sela hiburan dan bagi-bagi doorprize sekaligus dilaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk masyarakat," katanya.

Selain itu, KPU Dharmasraya direncanakan juga akan menggelar lomba foto selfie di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pemungutan suara Pemilu.

Menurut dia lomba foto selfi peserta diperbolehkan bebas ber-selfie di depan TPS, bukan berada di dalam TPS. Dalam foto selfie peserta harus memperlihatkan bekas celupan tinta yang ada dijarinya sebagai bukti bahwa dia telah memberikan hak suaranya.

"Detail teknis lomba foto selfie ini masih dirumuskan bersama jajaran komisioner lainnya," kata dia.

KPU Dharmasraya menargetkan angka partisipasi pemilih mencapai 80 persen atau melebihi target secara nasional sebesar 77,5 persen, tambah dia.

"Untuk mencapai ini, kami terus melakukan berbagai sosialisasi yang dikemas dalam bentuk lomba, seperti yang sudah dilaksanakan lomba paduan suara pemilih pemula, konser musik Pemilih Berdaulat Negara Kuat dan KPU Run besok," katanya.

Baca juga: KPU Dharmasraya temukan 4.629 surat suara rusak
Baca juga: KPU Dharmasraya gelar lomba paduan suara jaring pemilih pemula
Baca juga: KPU Dharmasraya rakit kotak suara Pemilu 2019

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019