Solo (ANTARA) - Sejumlah tokoh penting menghadiri acara Tingalan Dalem Jumenengan ke-15 Pakubuwana XIII Keraton Surakarta, di antaranya Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Dari pantauan, tamu mulai hadir sekitar pukul 08.30 WIB seiring dengan dibukanya gerbang masuk keraton atau disebut Kori Kamandungan pada Senin. Selanjutnya, acara dimulai sekitar pukul 09.40 WIB bersamaan dengan ke luarnya pasukan Bregada Parajurit Keraton Surakarta.

Selanjutnya, sekitar pukul 09.50 WIB Pakubuwana XIII ke luar dari Dalem Ageng Prabasuya menuju Sasana Sewaka dan disambut oleh ratusan anggota keluarga keraton.

Sekitar pukul 10.45 WIB sembilan penari ke luar membawakan tarian Bedhaya Ketawang. Tarian tersebut berlangsung selama sekitar dua jam.

Pengageng Parentah Keraton Surakarta KGPH Dipokusumo mengatakan pelaksanaan jumenengan kali ini berbeda dari sebelumnya.

Ia mengatakan sebelumnya Tari Bedhaya Ketawang hanya ditampilkan sebagian selama kurang dari 30 menit, sedangkan kali ini hingga dua jam.

"Tahun ini memang persiapan kami lebih matang. Latihan penari sudah kami lakukan sejak awal," katanya.

Ia mengatakan pertimbangan lain singkatnya pertunjukan Tari Bedhaya Ketawang pada tahun sebelumnya karena kesehatan Sinuhun Pakubuwana XIII Hangabehi.

"Berbeda dengan kali ini yang kondisinya membaik. Bahkan pada beberapa kali latihan beliau ikut mendampingi latihan sampai selesai," katanya.***3***

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019