Pangkalpinang (ANTARA) - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah meninjau pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer tingkat SMA/MA, guna memastikan kesiapan sekolah dan kelancaran UNBK di daerah itu.

"Kita melihat kesiapan dan semangat siswa melaksanakan UNBK cukup tinggi dan ini sangat terlihat sekali mereka fokus mengerjakan soal," kata Abdul Fatah usai meninjau UNBK di SMAN 1, SMAN 2 dan MAN di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan tidak hanya kesiapan dan semangat siswa yang terlihat antusias, tetapi juga disiplin dan kemandirian siswa mengikuti UNBK juga sangat baik, terlihat dari keseriusan siswa menjawab soal UN tanpa melihat teman lainnya.

"Di sini kita juga melihat terbangun kemandirian siswa dalam menjawab soal, tanpa melirik kanan dan kiri," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M Sholeh mengatakan jumlah peserta UNBK tingkat SMA/MA di Babel 2019 sebanyak 10.014 siswa yang digelar di 91 unit SMA/MA.

"Alhamdulillah sesi pertama pelaksanaan UNBK hari ini berjalan dengan lancar," katanya.

Ia mengatakan sebanyak 10.014 siswa mengikuti UNBK dengan rincian 8.556 siswa SMA dan 1.458 siswa MA dimulai 1-4 April 2019.

Sementara itu jumlah peserta UNBK tingkat SMK sebanyak 7.568 orang siswa yang telah digelar pada 11-22 Maret 2019 di 56 unit SMK tersebar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

"Mudah-mudahan pelaksanaan UNBK 2019 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.  


Baca juga: Kementerian Pendidikan sebut rasio peserta ujian dan ruangan timpang
 Baca juga: Mendikbud: hindari kegiatan mubazir pasca UNBK

Pewarta: Aprionis
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019