counter

BMKG ingatkan potensi angin kencang saat peralihan musim di Jatim

BMKG ingatkan potensi angin kencang saat peralihan musim di Jatim

Prakiraan cuaca di wilayah Jatim (Ist)

Sidoarjo (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda di Sidoarjo Jawa Timur terus mengeluarkan peringatan dini terkait dengan potensi terjadinya angin kencang pada saat terjadinya peralihan musim seperti yang terjadi akhir-akhir ini.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto di Sidoarjo, Senin mengatakan, peringatan dini selalu dikeluarkan oleh BMKG Juanda supaya masyarakat lebih waspada dan berhati-hati.

"Biasanya peringatan dini itu kami keluarkan selama tiga harian atau juga beberapa jam sebelum kejadian perubahan cuaca, sesuai dengan pantauan citra satelit kami," ucapnya.

Ia menjelaskan, dengan mengeluarkan peringatan dini itu, masyarakat luas diharapkan segera mengetahui adanya potensi angin kencang, puting beliung, sampai dengan turunan peristiwa bencana alam yang menyertainya, seperti tanah longsor dan juga banjir.

"Ada banyak saluran yang bisa diakses oleh masyarakat seperti grup whatsapp, laman BMKG, atau juga saluran lainnya seperti media sosial. Yang jelas, kami akan terus mengeluarkan peringatan dini untuk masyarakat," katanya.

Beberapa waktu yang lalu, kata dia, pihaknya juga sudah menggelar sekolah nelayan sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan tambahan kepada nelayan di sekitar Sidoarjo dan juga Surabaya.

"Tujuannya, nelayan lebih paham terkait dengan perubahan cuaca sesuai dengan data yang disajikan oleh BMKG," katanya.

Informasi yang disajikan oleh BMKG, lanjut dia, tidak hanya laporan cuaca secara umum, tetapi juga lebih terperinci hingga per wilayah Kecamatan, sehingga laporan yang diberikan bisa lebih presisi.

"Selain itu, juga ada informasi terkait dengan kondisi angin, hujan, jarak pandang untuk dunia penerbangan atau juga kebutuhan informasi cuaca yang lain," katanya.

Tingkatkan daya tetas ikan dengan pakan ekstra

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar