Istanbul (ANTARA) - Partai yang memerintah di Turki menyapu suara Kota Metropolitan Istanbul, dengan meraih kemenangan di 24 dari 39 distrik di kota tersebut, tempat tinggal hampir seperlima warga Turki, dalam pemilihan lokal, Minggu (31/3).

Laporan kantor beriita Turki, Anadolu, menyebutkan Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) menang di 24 distrik, sementara partai oposisi utama --Partai Rakyat Republik (CHP)-- mengantungi kemenangan di 14 distrik, dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP) memperoleh satu, demikian hasil tak resmi pada Senin.

Sementara itu Reuters melaporkan Presiden Turki Tayyip Erdogan terpukul dalam pemilihan umum lokal karena Partai AK pimpinannya kehilangan kendali di Ankara, ibu kota Turki, untuk pertama kalin sejak partai itu didirikan pada 2001, sementara kekalahan besar di Istanbul juga membayangi AK.

Erdogan, yang telah mendominasi politik Turki sejak ia mulai naik ke tampuk kekuasaan 16 tahun lalu, berkampanye tanpa henti selama dua bulan menjelang pemungutan suara pada Minggu (31/3).

Kekalahan partai berakar Islam pimpinan Erdogan itu di Ankara merupakan pukulan telak bagi sang presiden. Kekalahan di Istanbul, kota yang tiga kali lebih besar dibandingkan Ankara, akan menjadi pukulan yang lebih besar. Erdogan memulai karier politiknya di Istanbul dan pernah menjabat sebagai wali kota tersebut pada tahun 1990-an.

Istanbul, tempat tinggal landasan suara terbesar di Turki dengan 10,56 juta orang yang memenuhi syarat sebagai pemilih, menyaksikan sangat banyak pemilih pada Ahad; sebanyak 8,7 warga Istanbul memberi suara mereka.

Presiden Recep Tayyip Erdogan, yang menjadi wali kota Istanbul pada 1990-an, juga adalah pemimpin Partai AK, yang memerintah.

Kursi kabupaten di Istanbul yang diraih Calon Partai AK adalah Arnavutkoy Bagcilar, Bahcelievler, Basaksehir, Bayrampasa, Beykoz, Beyoglu, Catalca, Cekmekoy, Esenler, Eyupsultan, Fatih, Gaziosmanpasa, Gungoren, Kagithane, Pendik, Sancaktepe, Sultanbeyli, Sultangazi, Sile, Tuzla, Umraniye, Uskudar, dan Zeytinburnu, kata Kantor Berita Turki, Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin malam.

Kabupaten yang diduduki oleh calon CHP adalah Atasehir, Avcilar, Bakirkoy and Besiktas serta Beylikduzu, Buyukcekmece, Esenyurt, Kadikoy, Kartal, Kucukcekmece, Maltepe, Sariyer, dan Sisli.

Di Kabupaten Avcilar, Turan Hancerli dari CHP menjadi orang cacat pertama yang menduduki jabatan dengan meraih 52 persen suara.

Sumber: Anadolu / Reuters

Baca juga: Erdogan alami pukulan pada pemilu lokal di kota-kota besar

Baca juga: Calon AKP Turki: Oposisi memimpin penghitungan suara di Istanbul

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2019