Agar bisa UNBK, Papua Barat ingin seluruh SMA-SMK miliki komputer

Agar bisa UNBK, Papua Barat ingin seluruh SMA-SMK miliki komputer

Sekda Provinsi Papua Barat, Nataniel Mandacan (tengah) memberi pengarahan kepada sejumlah pumpinan OPD usai mengikuti apel gabungan di Manokwari, Senin (1/4/2019) (FOTO ANTARA/HO-Antaranews/Toyiban)

Pemprov Papua Barat menargetkan, pada tahun 2020 seluruh SMA dan SMK memiliki komputer, baik negeri maupun sekolah swasta yang dikelola yayasan
Manokwari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua Barat menginginkan seluruh SMA dan SMK di daerah tersebut memiliki komputer agar dapat melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Sekretaris Daerah Papua Barat Nataniel Mandacan di Manokwari, Senin, mengatakan, urusan SMA/SMK kini sudah diserahkan kepada provinsi. Untuk itu pemerintah provinsi memiliki kewajiban untuk melengkapi sarana pendukung pelaksanaan UNBK di sekolah yang masih mengalami kekurangan.

"Beberapa waktu lalu ada kegiatan di Sorong. Di sana ada sekolah negeri yang belum punya komputer, maka provinsi harus dapat memenuhinya," kata dia.

Pemprov Papua Barat menargetkan, pada tahun 2020 seluruh SMA dan SMK memiliki komputer, baik negeri maupun sekolah swasta yang dikelola yayasan.

 Sekda berharap mulai tahun depan semua sekolah bisa melaksanakan UNBK.

"Provinsi akan upayakan, di sisi lain untuk yayasan mudah-mudahan ada upaya untuk membeli sendiri sehingga bisa mengurangi beban anggaran pemerintah daerah," katanya.

Tahun 2019 ini, kata sekda, pemprov pun sudah mulai membantu pengadaan komputer di sejumlah sekolah. Selain komputer,  ada pula bantuan berupa pembangunan ruang kelas melalui dana alokasi khusus (DAK).

"Data pastinya nanti di cek di Dinas Pendidikan. Mereka punya data lengkap, termasuk sekolah-sekolah yang masih mengalami kekurangan," ujarnya.

Sekolah yang menerima bantuan kompter belum lama ini di antaranya SMA YPK Pasir Putih Manokwari. Pemprov melalui APBD perubahan 2018 membantu sekitar 30 unit komputer.

Bantuan serupa juga diberikan ke SMK Pertanian Ransiki Kabupaten Manokwari Selatan dan beberapa SMA di Kabupaten Fakfak.

"Sekolah yang tahun ini sudah bisa melaksanakan UNBK semoga bisa berjalan dengan lancar dan yang belum kami mohon untuk bersabar," demikian Nataniel Mandacan .

Baca juga: UNBK SMA Teluk Wondama terkendala jaringan internet

Pewarta: Toyiban
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pangdam XVIII Kasuari dorong produksi oksigen Manokwari penuhi kebutuhan RS

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar