Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menceritakan kisah lucu tentang KH Ma'ruf Amin ketika pertama kali mengetahui dirinya dipilih menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Joko Widodo.

Megawati Soekarnoputri menyampaikan cerita itu di hadapan calon anggota legislatif (caleg) dan anggota baru PDI Perjuangan yang berlatar belakang pemuka agama, habaib, purnawirawan TNI/Polri, serta akademisi, di Kantor DPP PDI Perjuangan,  Menteng, Jakarta, Selasa.

Menurut Megawati, setelah diputuskan bahwa KH Ma'ruf Amin yang dipilih sebagai cawapres untuk mendampingi capres petahana Joko Widodo, Megawati menemui KH Ma'ruf Amin untuk menyampaikan kabar gembira tersebut.

Ketika diberi tahu bahwa KH Ma'ruf Amin terpilih sebagai cawapres, menurut Megawati, yang ditanya pertama kali dinilai lucu sekali. "Pak Ma'ruf bertanya, sopan sekali bertanyanya. Boleh nggak saya tanya. Ke pencalonan, saya musti pakai apa," kata Megawati menceritakan kembali dialognya dengan KH Ma'ruf Amin.

Megawati mendengar pertanyaan itu jadi tersenyum. Menurut Megawati, Kiai Ma'ruf yang biasa memakai peci dan sarungan, memberi semacam kode bahwa dirinya siap memakai pakaian yang lain. "Saya juga punya celana panjang," kata Kiai Ma'ruf kepada Megawati saat itu.

Mendengar pernyataan tersebut, Megawati lalu menjelaskan agar Kiai Ma'ruf tampil apa adanya. "Kalau sudah terbiasa pakai sarung, ya sarungan saja. Kami jadi tertawa," kata Megawati.

Megawati mengaku kaget, karena Kiai Ma'ruf sampai memikirkan hal-hal terkecil, agar tidak membuat sesuatu yang kurang pantas. "Kiai Ma'ruf seharusnya tidak memusingkan soal itu," katanya.

Cerita yang sederhana dan lucu itu, menurut Megawati, seharusnya banyak mewarnai Pemilu 2019. Pemilu, menurut dia, adalah pesta demokrasi untuk memilih sehingga seharusnya banyak diisi dengan kegembiraan. "Kenapa kita tak tertawa seperti itu saja ya," ujarnya.





 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019