Oku Timur, Sumsel (ANTARA) - Wakil Bupati Waykanan, Provinsi Lampung Edward Antony mengajak Bupati, seluruh pejabat dan masyarakat Ogan Komering Ulu Timur (Oku Timur), Sumsel bisa hadir pada acara peresmian Bandara Gatot Subroto di Waykanan.

“Saya melakukan kunjungan ini untuk mengajak Bupati, Wakil Bupati, Sekda, eselon II dan masyarakat Oku Timur untuk bisa menghadiri acara peresmian pemanfaatan Bandara Gatot Subroto sebagai bandara komersil. Karena bukan hasil kerja sendiri, tetapi hasil usaha bersama,” kata Edward di Oku Timur, Sumatra Selatan, Selasa (2/4) malam.

Menurutnya, keberhasilan pemanfaatan bandara ini bukan karena jeri payah Kabupaten Waykanan sendiri, tetapi usaha bersama untuk bisa mewujudkan bandara menjadi bandara komersial.

Selain itu, tanpa ada dukungan dan kerja sama yang baik, tidak mungkin bisa terwujud untuk terbentuknya bandara komersial.

“Ayo sama-sama saksikan sejarah baru, bahwa kita memiliki bandara dan bisa digunakan untuk penerbangan sipil,” kata Edward yang juga pernah menjabat Camat Waytuba itu.

Ia menjelaskan, bila bandara ini telah beroperasi, tidak perlu jauh-jauh untuk ke Bandara Raden Inten II Lampung yang membutuhkan waktu empat sampai lima jam perjalanan, dan ke Sultan Badaruddin Palembang membutuhkan waktu 5 jam perjalanan. Karena hanya butuh 30 menit sampai satu jam perjalanan sudah sampai di lokasi.

Sebagai informasi, bahwa Bandara Gatot Subroto saat ini sedang perbaikan sarana, prasarana dan perbaikan landasan pacu.

Sebelumnya, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengatakan bahwa peresmian Bandara Gatot Subroto dipercepat menjadi 6 April dari rencana semula 8 April 2019.

Acara peresmian akan dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan KSAD Jenderal Andika Perkasa.

“Peresmian ini dipercepat karena ada perubahan jadwal dari Kementerian Perhubungan," kata Adipati.

Menurutnya, selain peresmian bandara, diadakan pula penerbangan perdana dari Gatot Subroto Waykanan ke Halim Perdanakusuma Jakarta Timur menggunakan pesawat ATR 72-600 milik Wings Air.

“Jadi nanti masyarakat yang berhasil menang undian akan diberangkatkan ke Jakarta dari Bandara Gatot Subroto. Semoga penerbangan perdana ini bisa membawa berkah bagi kita semua,” ujarnya.*


Baca juga: Gubernur : Bandara Gatot Subroto percepat konektivitas antarwilayah

Baca juga: Menhub : Penerbangan Waykanan-Jakarta tiga kali seminggu

Baca juga: KSAD: komersialisasi Bandara Gatot Subroto dorong perkembangan daerah


 

Pewarta: Triono Subagyo dan Emir FS
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019