Kejadian jebolnya tanggul sungai di Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Jawa Barat, disebabkan maraknya alih fungsi lahan di Kawasan Bandung Utara atau KBU
Bandung (ANTARA) - Wali Kota Bandung, Oded M Danial akan segera berkoordinasi dengan para pemangku kebijakan terkait di Kawasan Bandung Utara (KBU) terkait banjir bandang yang melanda kawasan Ujungberung Kota Bandung, Senin (1/4).

"Kejadian jebolnya tanggul sungai di Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Jawa Barat, disebabkan maraknya alih fungsi lahan di Kawasan Bandung Utara atau KBU," katanya di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Oded menyebutkan KBU ini tidak hanya menjadi persoalan bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, namun juga Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung.

Selain itu, dia pun akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kita harus koordinasi dengan pihak lain kita koordinasi dengan Pak Bupati karena lintas wilayah. Ini juga bukan hanya kota kabupaten tapi juga kita akan bicarakan dengan Pak Gubernur," kata Oded saat meninjau lokasi banjir bandang.

Oded menyatakan, urgensi pemerintah di KBU bukan persoalan lingkungan semata, namun pelaksanaan komitmen untuk mendisiplinkan soal izin pembangunan.

Dia menegaskan bahwa aturan di KBU harus ditegakkan guna menghindari dampak negatif. Karena di bagian bawah yang sebagian besar masuk ke wilayah Kota Bandung.

"Disiplin tentang RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah), perizinan pembangunan di atas dan dibawah harus sesuai aturan. Kalau ini dilakukan, kita bisa meminimalisasi banjir," katanya.

Sejak dilantik menjadi Wali Kota Bandung, Oded mengaku terus berkoordinasi secara intensif dengan sejumlah kepala daerah di kawasan Bandung Raya.

Lantaran persoalan banjir ini merupakan masalah yang cukup penting yang memerlukan kerja sama antarwilayah untuk bisa menjalankan solusi penanganannya.

"Selama enam bulan menjabat sebagai wali kota saya sudah mengadakan pertemuan dengan kepala daerah lain, termasuk Bupati Bandung Pak Dadang Naser. Kita bicarakan banyak hal secara komprehensif ke depan menangani banjir Bandung Raya. Ini tidak bisa ditangani secara parsial," katanya.

Baca juga: Banjir Pasteur akibat hujan Bandung Utara

Baca juga: BMKG: banjir bandang Cicaheum dipicu hujan deras di Bandung Utara

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019