Sungailiat, Babel (ANTARA) -  Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima penghargaan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) .

"Penghargaan terbaik bidang perencanaan dan pencapaian pembangunan sebagai 10 perencana terbaik tingkat nasional dalam kompetisi penghargaan pembangunan daerah," kata Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Rabu.

Menurutnya, penghargaan tahun 2019 diberikan kepada kabupaten atau kota dan provinsi yang memiliki kualitas dokumen perencanaan dan pencapaian pembangunan terbaik di Indonesia.

"Tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Bangka juga berhasil ditetapkan menjadi perencana terbaik ke enam tingkat nasional," jelasnya.

Bupati memberikan apresiasi kepada dinas terkait yang telah berhasil menyusun dokumen perencanaan pembangunan sekaligus telah melakukan terobosan melakukan inovasi di bidang perencanaan pembangunan.

"Hasil kerja keras ini, menunjukkan Kabupaten Bangka telah memberikan bukti dan komitmen kuat dalam menghasilkan dokumen perencanaan yang berkualitas serta pencapaian target yang rasionalistik, semoga prestasi ini dapat dipertahankan bahkan meningkat pada tahun depan," jelasnya.

Menurutnya, penghargaan yang diterimanya itu belum final karena akan ada penilaian tahapan verifikasi lapangan oleh tim penilai dari pusat.

"Saya optimis, ada peluang dan harapan besar Pemerintah Kabupaten Bangka masuk dalam nominasi tiga sampai lima besar nasional," katanya.

Bupati minta, penghargaan bidang perencanaan dan pencapaian pembangunan dapat menjadi motivasi bagi OPD lainnya agar merumuskan dan menghasilkan dokumen perencanaan yang berkualitas serta menyiapkan dokumen perencanaan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Pan Budi Marwoto mengatakan, pemerintah Kabupaten Bangka pada tahun 2015 pernah menjadi pemenang pertama bidang perencanaan dan secara berturut - turut penghargaan diterima tahun 2019.

"Tim penilai terdiri terdiri tim penilai independen, tim penilai utama, dan tim penilai teknis yang mempunyai kompetensi dan kepekaan pengetahuan, pemahaman teknik mengenai perencanaan, kebijakan publik termasuk pembangunan ekonomi, pengembangan wilayah, kelembagaan serta dari disiplin ilmu lainnya," jelasnya.

Pan Budi Marwoto mengatakan, penetapan penghargaan pembangunan daerah tahun 2019 telah melalui tahapan penyeleksian yang sangat ketat yaitu penilaian terhadap dokumen perencanaan daerah di tingkat provinsi, penilaian proses penyusunan dokumen perencanaan ditingkat nasional.

Pewarta: Kasmono
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019