Kupang (ANTARA) - Maskapai Penerbangan Air Asia akan melayani jalur  penerbangan dari Denpasar, Bali, menuju Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sebaliknya yang ditargetkan beroperasi mulai Juli 2019.

"Maskapai Air Asia akan membuka rute Denpasar-Labuan Bajo setiap hari, targetnya mulai berlangsung pada Juli 2019 mendatang," kata Kepala Bagian Humas, Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Jeramun, kepada Antara ketika dihubungi dari Kupang, Kamis.

Ia mengatakan, pihak Direksi Air Asia telah melakukan pertemuan bersama Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula beberapa waktu lalu di Labuan Bajo, untuk membahas persiapan pembukaan layanan penerbangan tersebut.

Pihak manajemen, lanjutnya, juga telah melakukan survei lapangan terkait kesiapan infrastruktur pendukung di Kota Labuan Bajo terutama di sektor pariwisata yang sesuai kebutuhan pasar mereka.

"Dan hasil survey mereka, untuk fasilitas pendukung sudah sesuai kebutuhan seperti home stay, tempat makan, dan lainnya karena mereka melirik pasar wisatawan terutama bag packers yang  budget-nya rendah," katanya.

Paulus mengatakan, pihak Air Asia sudah memastikan akan melayani rute penerbangan tersebut dan saat ini sedang dalam proses pengurusan perizinan.

"Targetnya sekitar Juli, tapi kalau urusan perizinan dan lainnya sudah bisa selesai lebih cepat maka kemungkinan bulan Mei mereka sudah beroperasi," katanya.

Ia menambahkan, pemerintah daerah setempat mendukung penuh kehadiran layanan penerbangan ini untuk mendongkrak arus kunjungan wisatawan ke daerah yang memiliki destinasi unggulan Taman Nasional Komodo itu.

"Terutama kunjungan wisatawan mancanegara, karena Air Asia ini maskapai internasional yang harganya terjangkau sehingga harapan kami arus wisatawan dari berbagai negara lebih lancar dan mudah menjangkau ke daerah kami," katanya. 


Baca juga: 1 April, TransNusa buka penerbangan Makasar-Labuan Bajo
Baca juga: CEO AirAsia terpincut keindahan Danau Toba
 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019