counter

XL pastikan kesiapan jaringan untuk Lebaran 2019

XL pastikan kesiapan jaringan untuk Lebaran 2019

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie Yosetya dalam acara temu media di Banyuwangi, Kamis (4/4/2019) (Satyagraha)

Banyuwangi (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk memastikan kesiapan jaringan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan penggunaan layanan memasuki Ramadhan maupun Lebaran 2019.

"Kami sudah melakukan persiapan sejak Desember 2018, dengan melakukan pengecekan terhadap 650 titik destinasi arus mudik, arus balik dan liburan," kata Direktur Teknologi XL Axiata Yessie Yosetya dalam temu media di Banyuwangi, Kamis.

Yessie menjelaskan identifikasi berbagai titik destinasi itu telah dilakukan antara lain di bandara udara, stasiun kereta api, pelabuhan, tempat kuliner, tempat liburan maupun jalur mudik.

Pengamanan jaringan juga dilakukan di sepanjang jalur tol baru di Jawa maupun Sumatera yang menjadi jalur darat utama dalam periode itu.

Selain itu, langkah lainnya adalah mengkondisikan jaringan dengan menyesuaikan sejumlah aktivitas pelanggan pada momen khusus tersebut.

Sejumlah aktivitas itu antara lain tren penggunaan jenis layanan data pada arus mudik dan arus balik, serta pergerakan pelanggan selama libur panjang.
"Kami pastikan kualitas di berbagai destinasi itu sesuai dengan ekspektasi pelanggan," kata Yessie.

Ia memperkirakan pada periode ini lalu lintas layanan akan meningkat dengan penggunaan data yang dapat tumbuh hingga 30 persen dibandingkan hari biasa.

Layanan yang diproyeksikan mengalami kenaikan signifikan adalah streaming untuk video maupun musik, yang mendominasi sekitar 68 persen layanan data pada hari normal.

Oleh karena itu, tambah dia, peningkatan kapasitas di jaringan core, transmisi maupun radio di jalur mudik juga diupayakan.

Peningkatan kapasitas jaringan core secara menyeluruh telah dilakukan pada radio akses (RAN) di sekitar 1.700 Base Transceiver Station (BTS), sekitar 250 jalur hop transport dan Sistem Utama Core (GGSN) paket data.

Selain itu, juga dilakukan penambahan upstream menjadi 1,5 kali melalui dua exchange di Singapura dan Australia.

XL Axiata juga telah menyiapkan sekitar 50 MBTS dan sekitar 10.000 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran.

Optimisasi dan rebalancing jaringan ikut dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran, seperti tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata.

Dalam kesempatan ini, XL Axiata ikut memastikan adanya jaringan data berkualitas 4G LTE di sebagian jalur utama seperti jalur tol Trans Jawa maupun jalur kereta api Jakarta-Surabaya.

Sedangkan, operasi 4G LTE di jalan non tol pantai utara Jawa telah mencapai 95 persen, non tol pantai selatan Jawa 90 persen, jalur Sumatera 94 persen, jalur Kalimantan 66 persen dan Jalur Tol Bakauheni-Terbanggi 85 persen.
Baca juga: XL perluas jaringan 4G di Kepulauan Anambas
Baca juga: XL targetkan 92 persen jaringan 4G di 2019


 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar