Kuningan (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa politik adalah bagian dari kehidupan manusia, sehingga pihak yang berpolitik tidak lantas menjadi pragmatis.

"Politik itu bagian dari kehidupan, tapi jangan sampai suasana politik menjadi kering karena tak ada hal lain yang dipikirkan selain politik," ujar Megawati, di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Kamis.

Megawati dalam pidato peresmian Kebun Raya Kuningan yang merupakan salah satu bagian dalam rangkaian kampanye terbuka PDIP di wilayah Jawa Barat, meminta dalam berpolitik, masyarakat juga tidak melupakan tanggung jawab sebagai warga negara yang salah satunya adalah menjaga lingkungan hidup.

Menurut Megawati, isu lingkungan hidup ini penting untuk diperhatikan, sehingga meminta seluruh kepala daerah dari PDIP untuk menyupayakan pembangunan kebun raya atau setidaknya melakukan penghijauan.

"Menurut orang lain ngapain ya Bu Mega ngurusin yang aneh-aneh, tapi sebenernya itu tujuan yang utama," kata Megawati lagi.

Lebih lanjut Megawati memaparkan bahwa saat ini PDIP sudah membangun 33 kebun raya di berbagai daerah, dan berencana untuk membangun 47 kebun raya di daerah-daerah lainnya.

Megawati mengakui bahwa pihaknya menginginkan lahan untuk penghijauan di Indonesia semakin diperluas atau diperbanyak, mengingat banyak potensi di Indonesia yang belum dimanfaatkan.

"Lahan dan potensi yang sangat besar itu, kalau dimanfaatkan sebenarnya dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat," kata Megawati pula.

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019