counter

XL berupaya tingkatkan pendapatan 2019 dari layanan data

XL berupaya tingkatkan pendapatan 2019 dari layanan data

Direktur Keuangan XL Axiata, Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudin dalam temu media di Banyuwangi, Kamis (4/4/2019) (Satyagraha)

Adlan menyakini peningkatan kontribusi dari layanan data akan meningkat, karena saat ini penggunaan data sedang populer, untuk media sosial, streaming video dan musik serta permainan
Banyuwangi (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk akan mengupayakan peningkatan pendapatan pada 2019 melalui kontribusi dari layanan data yang mulai menggantikan peran layanan dari suara maupun SMS.

"Kita akan fokus menciptakan cara baru dengan sentuhan yang kuat, produk yang inovatif dan penguatan jaringan untuk peningkatan pendapatan," kata Direktur Keuangan XL Axiata, Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudin dalam temu media di Banyuwangi, Kamis (4/4)

Adlan menyakini peningkatan kontribusi dari layanan data akan meningkat, karena saat ini penggunaan data sedang populer, untuk media sosial, streaming video dan musik serta permainan.

Hingga akhir 2018, kontribusi pendapatan data terhadap total pendapatan layanan telah mencapai 82 persen atau meningkat dari 69 persen pada 2017.

Pencapaian itu mendorong peningkatan laba bersih perusahaan sebelum dikurangi bunga utang, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA) tahun 2018 sebesar dua persen dibandingkan periode tahun 2017.

Adlan mengharapkan, hingga akhir 2019, pendapatan XL Axiata bisa ditingkatkan minimal selaras bahkan di atas rata-rata industri.
Oleh karena itu, XL Axiata akan mendorong tingkat penetrasi telepon pintar yang pada akhir 2018 telah mencapai 80 persen dari pelanggan.
"Kami akan berfokus mengakuisisi pelanggan 'smartphone' yang merupakan 'heavy user' layanan data, khususnya layanan data 4G," ujarnya.

Secara keseluruhan, XL Axiata mempunyai tiga agenda transformasi yang siap dilaksanakan pada 2019 untuk memperkuat pondasi di masa depan.

Baca juga: XL dorong penguatan jaringan fiber optik pada 2019
Baca juga: XL pastikan kesiapan jaringan untuk Lebaran 2019


Pertama, membangun jaringan secara agresif di berbagai kawasan di luar Jawa, termasuk wilayah pelosok dan terluar dengan memanfaatkan jaringan Palapa Ring Barat dan Timur.

XL Axiata juga memprioritaskan pembangunan jaringan 4G LTE dengan spesifikasi khusus sehingga dapat mendorong implementasi teknologi terbaru di masa depan termasuk pelayanan lalu lintas data yang tinggi.

Kedua, XL Axiata akan terus menghadirkan berbagai layanan yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk berbagai segmen, terutama streaming dan permainan.

Ketiga, melanjutkan inovasi bisnis berupa penciptaan layanan baru, yang saat ini masih diluar bisnis utama, namun mempunyai peluang besar untuk berkembang, guna memperkuat pijakan di masa depan.

Untuk kategori ini, perusahaan sudah memiliki layanan yang berbasis pada jaringan fiber, yaitu XL Home dan layanan bagi pelanggan korporasi, yaitu XL Business Solutions.

Guna mendukung berbagai layanan tersebut, XL Axiata akan melanjutkan upaya fiberisasi jaringan untuk implementasi 5G, termasuk pengembangan layanan Internet of Thing.

Sebelumnya, pada 2018, XL Axiata mencatatkan kinerja pendapatan sebesar Rp23 triliun dengan belanja modal mencapai Rp6,8 triliun dan jumlah Base Transceiver Station (BTS) sebanyak 118.600.

Baca juga: XL tingkatkan tangkapan nelayan melalui Aplikasi Laut Nusantara
Baca juga: XL targetkan 92 persen jaringan 4G di 2019

 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Apep Suhendar
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KPK siap bantu dongkrak PAD Kota Malang

Komentar