counter

KAI: penjualan tiket KA tambahan lebaran dimulai 6 April

KAI: penjualan tiket KA tambahan lebaran dimulai 6 April

Calon penumpang kereta api saat memesan tiket di loket Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. (Foto: Sumarwoto)

Purwokerto (ANTARA) - Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (Persero) menjual tiket KA tambahan untuk masa Angkutan Lebaran 2019 mulai 6 April, pukul 00.01 WIB, kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Supriyanto.

"Pada masa Angkutan Lebaran 2019, ada empat KA tambahan yang diberangkatkan dari wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto dengan total kapasitas 5.208 tempat duduk per hari," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat.

Ia mengatakan empat KA tambahan dari wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto terdiri atas KA Kutojaya Selatan Lebaran relasi Kiaracondong-Kutoarjo pergi pulang (PP) dengan kapasitas 1.328 tempat duduk per hari, KA Kutojaya Utara Tambahan relasi Pasarsenen-Kutoarjo PP dengan kapasitas 1.600 tempat duduk per hari.

Selanjutnya, KA Purwojaya Lebaran relasi Gambir-Purwokerto-Cilacap dengan kapasitas 1.000 tempat duduk per hari dan KA Sawunggalih Lebaran relasi Pasarsenen-Kutoarjo dengan kapasitas 1.280 tempat duduk per hari.

Selain empat KA tersebut, wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto juga dilewati dan dilayani sembilan KA tambahan dari Daop lainnya dengan total kapasitas 9.432 tempat duduk per hari, yakni KA Argo Dwipangga Fakultatif relasi Solo-Gambir PP yang berkapasitas 1.000 tempat duduk per hari, KA Argo Lawu Fakultatif relasi Gambir-Solo PP dengan kapasitas 1.000 tempat duduk per hari, KA Gajayana Lebaran relasi Gambir-Malang PP berkapasitas 900 tempat duduk per hari.

Selanjutnya, KA Lodaya Lebaran relasi Bandung-Solo PP berkapasitas 2.024 tempat duduk per hari, KA Mataram relasi Pasarsenen-Lempuyangan PP dengan kapasitas 1.140 tempat duduk per hari, KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong-Surabayagubeng PP berkapasitas 1.368 tempat duduk per hari, KA Taksaka Malam Lebaran relasi Gambir-Yogyakarta PP dengan kapasitas 1.000 tempat duduk per hari, dan KA Taksaka Pagi Lebaran relasi Yogyakarta-Gambir PP berkapasitas 1.000 tempat duduk.

"Dengan demikian setiap hari tersedia 14.649 tempat duduk, baik KA tambahan yang diberangkat dari wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto maupun dari Daop lain yang melewati Daop 5," kata Supriyanto.

Sementara itu dalam keterangan tertulisnya, Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro mengatakan minat masyarakat terhadap moda transportasi kereta api sangat tinggi pada masa Angkutan Lebaran 2019.

Menurut dia, hal tersebut terbukti dengan telah habisnya KA-KA favorit untuk mudik dengan keberangkatan mulai dari H-7 Lebaran, sedangkan keberangkatan H2+2 Lebaran dan H2+3 Lebaran menjadi tanggal pilihan para penumpang untuk kembali ke kota asal pada masa arus balik.

"Kami terus menerus meningkatkan pelayanan dengan menambah KA-KA tambahan pada Angkutan Lebaran 2019 tanpa mengurangi kenyamanan penumpang," katanya.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan PT KAI (Persero) akan menjual tiket untuk 50 perjalanan KA tambahan mulai tanggal 6 April 2019, pukul 00.01 WIB, dengan total kapasitas 29.456 tempat duduk per hari atau meningkat 8 persen dari tahun sebelumnya yang sebanyak 27.072 tempat duduk per hari.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa kereta api selama masa Angkutan Lebaran 2019 pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan/Puasa, KAI kembali akan menggelar program pembagian takjil gratis kepada penumpang di stasiun-stasiun besar dan buka/sahur gratis kepada seluruh penumpang KA kecuali KA lokal.

Kegiatan pembagian hidangan puasa ini pada tahun 2018 berjalan sukses dan menuai tanggapan positif dari penumpang.

Oleh sebab itu, KAI melanjutkan program tersebut dengan tujuan agar penumpang tidak perlu repot-repot mencari atau menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur saat sedang dalam perjalanan.

"KAI juga akan melakukan Posko Angkutan Lebaran 2019 selama 22 hari mulai  26 Mei hingga 16 Juni 2019. Selama masa posko tersebut, seluruh pegawai KAI akan dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun," kata Edi.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Hingga H+15 Lebaran penumpang di Pelabuhan Trisakti naik signifikan

Komentar