Jakarta (ANTARA) - Relawan Jokowi-Ma’ruf di Honolulu, Hawaii dan Philadelphia, Pennsylvania, yang tergabung dalam konsolidasi nasional Amerika BerSATU, telah menyatukan 35 negara bagian di Amerika Serikat.

Berdasarkan siaran pers yang diterima dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, di Jakarta, Sabtu, tercatat ada sebanyak 21 kegiatan yang dilakukan warga negara Indonesia (WNI) di Pantai Barat hingga Pantai Timur Amerika Serikat, termasuk negara bagian Hawaii.

Menurut koordinator kegiatan, Melky Tirtasaputra dan Sinta Penyami, kegiatan di Philadelphia adalah merupakan awal dari rangkaian kegiatan di Pantai Barat hingga Pantai Timur Amerika Serikat. Kegiatan di Philadelphia, adalah acara Liwetan Bersama di Gedung Serba Guna Paradise Garden, yang sering digunakan komunitas Indonesia. Tercatat sekitar 60 orang relawan yang tergabung dalam komunitas #Philly4Jokowi, hadir pada acara ini.

"Kami bergabung dengan Amerika BerSATU karena kami ingin menyatukan orang-orang Indonesia, penduduk Indonesia, yang berada di Amerika dan cinta Jokowi. Kami dari berbagai negara bagian, menjadi SATU. Kami yakin dengan Pak Jokowi kita akan semakin maju, semakin canggih lagi," kata Sinta Penyami.

Sinta berharap, semangat persatuan sesama WNI di Amerika Serikat, juga terasa di Indonesia, meskipun jauh berada di perantauan. "Acara ini sengaja kami namakan Malam Bhinneka Tunggal Ika, karena kami ingin mengapresiasi keberagaman warga Indonesia yang tinggal disini. Setiap peserta menyebut daerah asal nama provinsinya. Di Philadelphia, Pak Jokowi punya pendukung berasal dari berbagai provinsi di Indonesia," katanya.

Acara Liwetan Bersama ini mendapatkan tanggapan positif dari warga sekitar, karena tiket masuk sudah terjual habis sejak seminggu sebelumnya. Acara juga diisi dengan pertunjukan tarian daerah dan persembahan nyanyian lagu-lagu daerah dari seluruh Indonesia.

"Ada juga kuis-kuis mengenai Indonesia yang disambut dengan penuh semangat dan tepuk tangan meriah dari para hadirin. Ada satu hal yang unik pada acara ini, yaitu panitia mengajak para relawan yang hadir untuk membantu bersih-bersih," katanya.

Sementara itu, kediatan Amerika BerSATU, di Honolulu, Hawaii, yakni Malam Aloha Bersatu, diselenggarakan di Alamoana Park, Magic Island, yang dihadiri sebanyak 75 orang relawan Jokowi-Amin. Mereka hadir dengan pakaian putih, lengkap dengan kalung bunga khas Hawaii berwarna merah.

Acara dimulai sekitar pukul 17:00 sore waktu setempat. "Kami rela meluangkan waktu untuk menunjukkan rasa cinta kami kepada Indonesia dan ingin melihat lebih banyak lagi perubahan positif bagi Indonesia," ujar koordinator acara, Lusy Van Dyke.

Para relawan juga menyanyikan lagu-lagu perjuangan, disertai dengan bimbingan cara mencoblos pada pemilu. Acara ini kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan menyantap hidangan nasi bungkus padang yang telah dikoordinir panitia. Acara ditutup dengan pesta kembang api, kemudian doa dan harapan para relawan untuk kepemimpinan Jokowi-Amin untuk lima tahun ke depan.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019