counter

Piala FA

Manchester City lewati Brighton ke final, jaga peluang caturgelar

Manchester City lewati Brighton ke final, jaga peluang caturgelar

Penyerang Manchester City, Gabriel Jesus (kiri), bersama rekannya Bernardo Silva merayakan kemenangan 1-0 atas Brighton & Hove Albion dalam laga semifinal Piala FA di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (6/4/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/David Klein)

Jakarta (ANTARA) - Manchester City melewati hadangan Brighton & Hove Albion untuk melangkah ke final Piala FA usai meraih kemenangan 1-0 dalam laga semifinal di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu dini hari WIB.

Sebuah gol cepat yang dicetak Gabriel Jesus menjadi penentu kemenangan tersebut, demikian catatan laman resmi FA.

Hasil itu sekaligus menjaga peluang tim besutan Pep Guardiola untuk melengkapi raihan juara Piala Liga Inggris mereka menjadi caturgelar.

Selain mencapai final Piala FA, City masih berkompetisi di perempat final Liga Champions serta menjadi pesaing terdepan dalam perburuan gelar juara Liga Inggris bersama Liverpool.

Laga baru berjalan empat menit ketika Jesus berhasil mengoyak gawang Brighton dengan menanduk bola umpan silang terarah kiriman Kevin de Bruyne.

Baca juga: Guardiola : Foden pemain kunci Manchester City di masa depan

Baca juga: Guardiola yakin timnya bermain lebih baik di bawah tekanan

Wasit Anthony Taylor bermurah hati kepada Kyle Walker yang hanya diganjar kartu kuning setelah menanduk Alireza Jahanbakhsh. Bahkan keduanya dikenai kartu kuning, keputusan yang sangat murah hati.

Pada menit ke-40 Anthony Knockaert mengambil keputusan keliru setelah berhasil melewati Benjamin Mendy dan melepaskan tendangan dari sudut sempit yang melambung di atas mistar gawang, padahal Glenn Murray berdiri cukup bebas di muka gawang.

Guardiola tak mau mengambil risiko dengan kemurahan hati wasit dan menarik keluar Walker pada waktu istirahat dan mengutus Danilo sebagai pengganti.

Namun, baru lima menit babak kedua berjalan, Danilo juga dikenai kartu kuning setelah melakukan pelanggaran terhadap Jahanbakhsh.

Brighton terus berusaha menekan dan pada menit ke-54 sebuah umpan silang berhasil disambut Shane Duffy di area tiang jauh yang diarahkannya ke muka gawang untuk diselesaikan Murray, namun Aymeric Laporte dengan sigap menyapu bola tepat di garis gawang.

Raheem Sterling berusaha menggandakan keunggulan City namun tembakannya dari tepian kotak penalti berhasil digagalkan Mathew Ryan pada menit ke-64.

Sejak itu tak ada peluang berbahaya lain yang tercipta dan City melenggang ke final menanti pemenang laga semifinal lain antara Watford kontra Wolverhampton yang berlangsung pada Minggu malam WIB.

Baca juga: Menang 2-1 atas Crystal Palace, Watford melaju ke semifinal Piala FA

Susunan pemain:

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Kyle Walker (Danilo), Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte, Benjamin Mendy (John Stones); Kevin de Bruyne (Fernandinho), Ilkay Guendogan, David Silva; Bernardo Silva, Gabriel Jesus, Raheem Sterling
Pelatih: Pep Guardiola

Brighton & Hove Albion (4-3-3): Mathew Ryan; Martin Montoya, Shane Duffy, Lewis Dunk, Bernardo; Davy Proepper, Dale Stephens, Yves Bissouma (Juergen Locadia); Anthony Knockaert, Glenn Murray (Florin Andone), Alireza Jahanbakhsh (Jose Izquierdo)
Pelatih: Chris Hughton

Empat anak Rusunawa berlatih di klub Manchester City

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar