Ada 123 "event" budaya, kesenian dan pendidikan yang sudah siap digelar sepanjang tahun 2019
Garut (ANTARA) - Sejumlah duta besar (dubes) negara sahabat di Indonesia, di antaranya Duta Besar dari Serbia, Dubes Bosnia, dan Dubes Slovakia, dan jajaran pejabat Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Pemkab Garut, ikut menghadiri Gebyar Pesona Budaya Garut di pendopo setempat, Sabtu

Bupati Garut, Rudy Gunawan saat menghadiri acara itu mengatakan Pemkab Garut telah menyiapkan sebanyak 123 agenda budaya, kesenian dan pendidikan yang akan diselenggarakan sepanjang tahun 2019 sebagai upaya mendongkrak potensi wisata dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Garut.

"Ada 123 event budaya, kesenian dan pendidikan yang sudah siap digelar sepanjang tahun," katanya.

Ia menjelaskan, salah satunya yang diselenggarakan Pemkab Garut yakni Gebyar Pesona Budaya 2019 itu menampilkan berbagai macam kesenian dan budaya daerah Garut maupun sejumlah daerah di Indonesia.

Acara tahunan itu, kata dia, berbasis ekonomi kreatif yang berusaha mengembangkan sinergi kemajuan kebudayaan daerah untuk kekuatan ekonomi nasional.

"Gebyar Pesona Budaya Garut 2019 menjadi event budaya berbasis ekonomi kreatif yang berupaya mewujudkan sinergi akselerasi kemajuan kebudayaan untuk kekuatan ekonomi nasional," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, Kabupaten Garut merupakan pemerintah daerah yang memiliki agenda seni dan budaya terbanyak di Jawa Barat.

Ia menyebutkan, Provinsi Jawa Barat memiliki 580 agenda kegiatan kesenian dan kebudayaan di tingkat kota/kabupaten, sebanyak 123 di antaranya diselenggarakan oleh Pemkab Garut.

Menurut dia, banyaknya agenda tersebut akan memberikan dampak positif yang menjadi keuntungan tersendiri bagi Garut karena akan meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Ditambah lagi Garut sudah mulai ditopang dengan transportasi kereta api dari Jakarta ke Cibatu yang akan menjadi kekuatan di sektor pariwisata," katanya.

Sementara itu, Gebyar Pesona Budaya Garut dibuka dengan ditandai oleh tabuhan gendang dan pelepasan 206 burung oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya beserta rombongan.

Baca juga: Pagelaran Seni Daerah Adu Dodombaan Garut

Baca juga: Ribuan Domba Garut Ikut Karnaval

Baca juga: Artikel - Garut serius garap potensi pariwisata

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019