Jakarta (ANTARA) - Sebuah tendangan penalti yang dieksekusi penyerang sayap PSV Eindhoven Hirving Lozano pada menit-menit akhir menyelamatkan timnya dari kekalahan dan memetik hasil imbang 3-3 kontra Vitesse Arnhem dalam laga pekan ke-29 Liga Belanda di Stadion Gelredome, Arnhem, Belanda, Minggu.

Sayangnya, satu poin tersebut tak cukup bagi PSV untuk kembali ke puncak klasemen. Tim besutan Mark van Bommel tertahan di posisi kedua dengan koleksi 71 poin, di bawah Ajax (71) yang unggul selisih gol, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Sementara itu, Vitesse (43) yang gagal mempertahankan keunggulan yang tiga kali mereka peroleh sepanjang laga juga harus rela turun ke urutan ketujuh.

Baca juga: Ajax ke puncak lagi usai berjaya di markas Willem

Vitesse lebih dulu unggul pada menit ke-13 lewat sepakan kaki kiri Thulani Serero menyelesaikan umpan kiriman Matus Bero.

Akan tetapi, kiper Remko Pasveer kemudian menjatuhkan Lozano di dalam kotak penalti pada menit ke-38. Penalti yang diperoleh PSV berhasil dieksekusi oleh Lozano untuk menyamakan kedudukan 1-1.

Tuan rumah kembali memimpin pada menit ke-59 lewat gol Martin Odegaard yang melesakkan bola dengan sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti.

Namun, keunggulan itu lagi-lagi terhapus setelah umpan tarik Denzel Dumfries berhasil disambut dengan sontekan jarak dekat kapten PSV Luuk de Jong pada menit ke-70.

Upaya keras Vitesse untuk merestorasi keunggulan akhirnya membuahkan hasil ketika umpan silang Martin Odegaard ditanduk Maikel van der Werff. Bola diselamatkan kiper Jeroen Zoet, namun memantul untuk disambar sundulan mudah Tim Matavz ke dalam gawang pada menit ke-83.

Keunggulan 3-2 sepertinya bakal berakhir menjadi tiga poin untuk Vitesse, namun Van der Werff kemudian menjatuhkan Lozano di dalam area terlarang yang bukan saja berbuah kartu merah tetapi juga tendangan 12 pas.

Lozano dengan dingin menaklukkan Pasveer kembali untuk menyamakan kedudukan 3-3.

PSV sempat memperoleh peluang pamungkas di masa injury time, namun tembakan Steven Bergwijn berhasil diselamatkan Pasveer.

Baca juga: Feyenoord pecundangi VVV untuk naik ke posisi ketiga

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Belanda, Ajax sementara geser PSV dari puncak

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Belanda:

Vitesse Arnhem (4-4-2): Remko Pasveer; Vyacheslav Karavaev, Maikel van der Werff, Jake Clarke-Salter, Max Clark; Martin Odegaard, Thulani Serero, Matus Bero, Alexander Buetner; Thomas Buitink (Tim Matavz), Bryan Linssen (Dauda Mohammed/Danilho Doekhi)
Pelatih: Leonid Slutsky

PSV Eindhoven (4-3-3): Jeroen Zoet; Denzel Dumfries, Daniel Schwaab, Nick Viergever, Angelino; Pablo Rosario, Gaston Pereiro (Mohammed Ihattaren), Jorrit Hendrix (Cody Gakpo); Hirving Lozano, Luuk de Jong, Steven Bergwijn
Pelatih: Mark van Bommel

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019