Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif Korea Selatan, Hyundai, menandatangani kesepakatan awal  dengan perusahaan teknologi Tencent Holdings China untuk mengembangkan perangkat lunak kendaraan otonom (swakemudi),  demikian harian Korsel Maeil Business seperti dilansir Reuters, Minggu (7/4).

"Kedua perusahaan akan menggelar riset dan pengembangan untuk sistem keselamatan dan keamanan swakemudi, yang akan diluncurkan Hyundai pada 2030," tulis laporan itu, mengutip sumber dari kalangan industri yang tak disebutkan namanya.

Hyundai dan Tencent belum memberikan komentar atas laporan kerja sama itu.

Kedua perusahaan juga mencari cara untuk memanfaatkan aplikasi perpesanan WeChat Tencent yang begitu populer di China, kata surat kabar itu.

Sebagai produsen mobil terbesar kelima di dunia, Hyundai bersama Kia Motors telah menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan teknologi dan media sosial untuk memuluskan target perusahaan dalam meluncurkan kendaraan otomatis pada 2020 dan mobil swakemudi sepenuhnya pada 2030.

Tencent yang berbasis di Shenzhen dan terdaftar di bursa Hong Kong akan merekrut beberapa ahli teknologi dari Silicon Valley, demi mengembangkan kendaraan swakemudi.


 
Pewarta:
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019