... terbakar saat mengantar logistik pemilu untuk wilayah Sandakan dan Kinabatangan pada Minggu (7/4)...
Sandakan (ANTARA) - Mobil pengangkut kotak yang berisi surat suara pilpres dan DPR terbakar dalam kecelakaan lalu-lintas, di Jalan Sapi Nangoh Paitan wilayah Sandakan, Negeri Bagian Sabah, Malaysia.

Musibah atas mobil yang pengangkut enam kotak suara berisi perlengkapan logistik Pemilu 2019 di luar negeri itu hangus dan tak dapat menyelematkan muatannya.

Namun petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) dilaporkan selamat. Kecuali sopir mobil bernama Saenudin yang terluka bakar.

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri Kinabalu, Cahyono Rustam, yang dihubungi melalui telepon selulernya, Senin membenarkan, kebakaran terhadap mobil saat mengangkut logistik Pemilu, sekitar pukul 15.00 WITA Minggu (7/4).

"Mobil yang terbakar saat mengantar logistik pemilu untuk wilayah Sandakan dan Kinabatangan pada Minggu (7/4)," ucap Rustam, yang mengatakan sedang menyeberang ke Labuan.

Ia menjelaskan, perjalanan pengangkutan logistik Pemilu ke ladang-ladang hingga menempuh waktu 12 jam dari pusat kota Sandakan. Di sana memang banyak WNI yang bekerja di kebun-kebun kelapa sawit.

Adapun kota suara yang terbakar karena tidak sempat diselamatkan sebanyak enam kotak yang berisi ratusan surat suara per kotak.

Kotak dan surat suara itu diperuntukkan untuk WNI yang bekerja di wilayah kerja perusahaan kelapa sawit IJM (1 KSK) dan Meridian (2 KSK).

Penyebab kebakaran kendaraan masih diselidiki oleh pihak kepolisian wilayah Beluran, Sandakan, terang Cahyono.

Sedangkan sopir mobil yang terluka bakar sempat dirawat di klinik perkebunan milik Wilmar Plantation.

Mengenai musibah kebakaran kotak dan surat suara pemilu ini, Rustam mengaku telah melaporkan ke KPU melalui Pokja Pemilu Luar Negeri.

Ia mengungkapkan, KPU segera mengirim ulang kotak dan surat suara dan peralatan pemilu lainnya yang hangus terbakar. 

Pewarta: Rusman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019