Warga Yapen serahkan senjata rakitan ke TNI

Warga Yapen serahkan senjata rakitan ke TNI

Warga Yapen Kabupaten Yapen Kepulauan Chrisnusi Sineri menyerahkan senjata kepada Dantim Intel Korem 173/PVB Mayor Inf Zulkifli. (dokumentasi Korem 173/PVB Biak)

Biak (ANTARA) - Warga asal Yapen Kepulauan yang juga mantan Ketua TPN/OPM wilayah Wadapi Yapen Timur, Chrisnusi Sineri menyerahkan satu unit senjata rakitan beserta amunisi kepada pihak personel TNI dipimpin Dantim Intel Korem173/PVB Biak Mayor Inf Zulkifli di Serui, ibukota Kabupaten kepulauan, Senin.

Kasi Intelijen Korem 173/PVB Biak Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto dalam keterangan di Biak,Senin mengatakan penyerahan senjata rakitan dari warga Yapen Chrisnusi Sineri berupa 1 jenis sofgun dengan 13 amunisi serta satu bendera 'Bintang Kejora' telah diamankan prajurit Korem 173/PVB di Serui.

"Aksi turun gunung dilakukan mantan anggota TPM/OPM wilayah Yapen timur Wadapi dilakukan secara sukarela atas kesadaran sendiri karena ingin bersama membangun daerah yang lebih maju," ungkap Kasi Intelijen Korem 173/PVB Kolonel Arie Tri.

Ia mengakui tidak menutup kemungkinan dalam kesempatan lain ada penyerahan senjata kepada prajurit TNI oleh bekas anggota TPM/OPM di wilayah Yapen Timur.

Dia berharap adanya perhatian pemerintah daerah setempat terhadap warga Yapen Timur yang secara sadar dan ingin bersama dengan warga lain untuk membangun Kabupaten Yapen Kepulauan lebih maju, aman dan sejahtera.

"Kami berikan apresiasi adanya keinginan baik dari warga Yapen Timur Chrisnusi Sineri untuk dengan kesadaran sendiri menyerahkan senjata kepada TNI," katanya.

Pada kesempatan penyerahan senjata Chrisnusi Sineri mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Korem kepada Masyarakat Kampung Wadapi.

"Saya akan berusaha mengajak masyarakat yang belum turun agar kembali ke NKRI yang berada di Kampung Wadapi dan Kampung Randawaya," katanya.

Ia berharap adanya perhatian dari pemerintah dan TNI untuk merekrut pemuda kampung yang akan mendaftar menjadi prajurit TNI AD.

"Jangan ada yang percaya apabila ada yang mengatasnamakan kelompok TPN/OPM sektor Yapen Timur, karena Ketuanya adalah saya," demikian Chrisnusi Sineri.

Penyerahan senjata dan amunisi oleh warga Yapen Utara Chrisnusi Sineri, berkat adanya pendekatan yang dilakukan anggota TNI Serda Alfret Korwa dan Kopda Edi Waluyopada, Senin (8/4) sudah diterima Dantim Intel Korem 173/PVB Mayor Inf Zulkifli.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ferdinan, antara harapan dan impian tanpa batas

Komentar