Palangkaraya (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian terminal baru Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Senin.

Presiden Jokowi yang berangkat dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, tiba di Bandara Tjilik Riwut sekitar pukul16.45 WIB.

Begitu mendarat di Bandara Tjilik Riwut, Presiden Jokowi meninjau sejumlah titik lokasi antara lain ruang tunggu bandara.

Selain Ibu Negara Iriana Joko Widodo, mendampingi Presiden Jokowi dalam acara peninjauan itu antara lain Menhub Budi Karya Sumadi, Menperin Airlangga Hartarto, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Usai meninjau sejumlah titik lokasi di Bandara Tjilik Riwut, Presiden Jokowi dan rombongan menuju lokasi parkir bandara tempat di mana acara peresmian dilakukan.

Sebelumnya Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II  Muhammad Awaluddin mengatakan pengoperasian terminal baru merupakan komitmen AP II untuk memberikan pelayanan maksimal bagi penumpang pesawat di Bandara Tjilik Riwut.

Bandara Tjilik Riwut menjadi bagian dari AP II sejak 19 Desember 2018. Sebelumnya, bandara ini dikelola oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Peralihan tersebut diyakini akan mempercepat pertumbuhan Bandara Tjilik Riwut.

Pada tahun 2018  jumlah penumpang bandara tersebut sekitar satu juta penumpang dan ditargetkan bisa mencapai delapan juta per tahun seiring pengembangan yang dilakukan AP II.

AP II mengalokasikan investasi Rp480 miliar untuk meningkatkan kapasitas terminal dan perpanjangan landas pacu  dari 2.600 meter menjadi 3.000 meter.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019