Lubukbasung, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengerahkan 12 truk untuk mendistribusikan logistik Pemilu 2019 ke tiga kecamatan yang terjauh dari pusat pemerintahan dan memiliki wilayah yang luas.

Ketua KPU Agam Riko Antoni di Lubukbasung, Senin, mengatakan kecamatan terjauh itu, yakni Palembayan dengan mengerahkan enam unit truk, Palupuh empat unit truk dan Malalak dua unit truk.

"Pendistribusian logistik ke tiga kecamatan ini bakal dilakukan pada Sabtu (13/4) dan kami mengutamakan mendistribusikan logistik ke tiga kecamatan itu," katanya.

Ketiga kecamatan ini sangat jauh dari pusat pemerintahan, memiliki daerah yang luas dan memiliki medan yang sulit karena berada di daerah perbukitan.

Secara keseluruhan, KPU setempat mengerahkan 27 truk untuk pendistribusian logistik di sejumlah kecamatan pada Sabtu (13/4), karena satu unit truk hanya bisa mengangkut 25 kotak suara untuk lima TPS dan setiap TPS hanya lima kotak suara.

Kemudian pendistribusian logistik pada Minggu (14/4), KPU mengerahkan 25 truk dan Senin (15/4) mengerahkan 18 truk.

Sementara pendistribusian logistik di Kecamatan Lubukbasung pada Selasa (16/4) dengan mengerahkan 12 truk.

"Kecamatan Lubukbasung merupakan kecamatan terdekat dari pusat kota. Pendistribusian logistik ini melibatkan aparat keamanan," katanya.

Ia menambahkan, pengepakan logistik pemilu ini bakal dilakukan di GOR Agam Lubukbasung, Selasa (9/4).

Pengepakan itu melibatkan anggota PPS dan PPK. Setelah itu logistik akan dimasukan ke satu kotak dan langsung didistribusikan.

Ia mengakui surat suara di daerah itu masih kurang 46.000 lembar untuk lima surat suara yakni, DPD-RI, DPR-RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten, pemilihan presiden dan wakil presiden.

Surat suara itu telah dikirim dari percetakan pada Jumat (5/4) dan kemungkinan sampai ke Agam pada Rabu (10/4).

"Apabila surat suara ini sampai langsung kita sortir dan lipat," katanya.

Jumlah daftar pemilih tetap di Agam sebanyak 367.115 orang dengan 1.624 TPS. 
Baca juga: Polisi Agam gelar forum silaturahim kamtibmas wujudkan pemilu damai
Baca juga: KPU Agam coret satu caleg karena meninggal dunia
Baca juga: Agam hentikan aktivitas pembukaan tambak udang di hutan mangrove

 

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019