counter

Metropolitan

Pemprov DKI tingkatkan kerja sama dengan negara kawasan Asia Pasifik

Pemprov DKI tingkatkan kerja sama dengan negara kawasan Asia Pasifik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ANTARA News/Susylo Asmalyah)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar Diplomatic Corps Gathering 2019 di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, guna meningkatkan kerja sama dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

"Pemprov DKI Jakarta dapat memfasilitasi hubungan diplomatik dengan berbagai negara yang menempatkan perwakilannya melalui kantor-kantor Kedutaan Besar di ibu kota," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam acara ini, Anies menyambut puluhan duta besar negara-negara kawasan Asia Pasifik untuk Indonesia. Turut hadir dalam acara ini Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir.

"Jadi DKI Jakarta adalah ibu kota, tuan rumah 162 kedutaan yang ada di Jakarta. Nah kita tidak ingin Jakarta hanya ibu kota Indonesia yang memfasilitasi daerah saja. Tapi juga memfasilitasi corps diplomatic. Karena itu, mulai tahun lalu, saya mengundang para duta besar untuk bertemu setahun sekali di balai kota ini, dimana kita bisa ngobrol," kata Anies.

Gubernur menambahkan pertemuan bersama duta besar negara-negara sahabat berpotensi membangun kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta. Dia menyebut Pemprov DKI Jakarta siap mengirimkan sumber daya manusia terbaiknya untuk mempelajari pengalaman terbaik dari negara lain terkait berbagai kebijakan kepada masyarakat.

"Jadi tujuan dari pertemuan diplomatik tadi adalah bertemu dengan para duta besar, menjalin hubungan (baik dengan mereka) sekaligus juga membuka potensi kerja sama," katanya.

Pada pertemuan tersebut dibicarakan banyak hal yang bisa dilakukan kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

Dia mencontohkan kerja sama untuk mempelajari kebijakan di Singapura dan Hong Kong. Anies juga menyebut Singapura akan bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta terkait pelatihan pemadam bencana kebakaran.

"Kita mendapatkan feedback, karena fungsi kita melayani (kedutaan besar di Jakarta). Salah satu komponen yang kita layani (sebagai Pemprov DKI Jakarta) adalah Korps Diplomatik," kata Anies.

Para duta besar menyampaikan kebutuhan-kebutuhan yang mereka miliki di Jakarta. Pemprov DKI harus memastikan bahwa sebagai ibu kota, semua kedutaan-semua diplomat terlayani dengan baik.
Baca juga: Anies membebaskan PBB bagi veteran kemerdekaan
Baca juga: Anies Baswedan ajak warga Jakarta gunakan layanan Samsat Online
Baca juga: Polri gandeng pemda luncurkan Samsat Online Nasional

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Anies buka konser musik klasik pertama di Monas

Komentar