Jakarta (ANTARA) - Detroit Pistons dan Charlotte Hornets masih memperebutkan satu tiket playoff terakhir mewakili Wilayah Timur, selepas keduanya memenangi laga lanjutan NBA masing-masing pada Rabu WIB.

Kemenangan Pistons tersebut menjadi kabar buruk bagi Miami Heat yang dipastikan tersingkir dari perburuan tiket playoff terakhir.

Hornets meraih kemenangan dalam laga yang berakhir lebih awal dengan mempecundangi tuan rumah Cleveland Cavaliers 124-97 di Quicken Loans Arena, Ohio, Amerika Serikat.

Kemba Walker dan Jeremy Lamb sama-sama mencetak 23 poin sedangkan Dwayne Bacon dan Miles Bridges masing-masing menyumbangkan 18 poin untuk kemenangan Hornets.

Hasil itu melambungkan harapan Hornets lantaran di waktu hampir bersamaan Pistons lebih sering berada dalam posisi tertinggal dari tamunya, Memphis Grizzlies, di Little Caesars Arena, Michigan.

Namun, Pistons berhasil memastikan kemenangan 100-93 atas Grizzlies pada sisa waktu lima menit terakhir pertandingan mereka.

Andre Drummond membukukan dwiganda 20 poin dan 17 rebound dibantu 22 poin dari Ish Smith untuk mengantarkan Pistons memenangi laga tersebut.

Pistons berhasil mempertahankan posisi mereka di peringkat kedelapan klasemen Wilayah Barat dengan catatan 40 kemenangan dan 41 kekalahan (40-41), unggul satu kemenangan dibandingkan Hornets (39-42) yang tertahan di urutan kesembilan.

Sementara itu, bagi Heat apapun hasil laga mereka kontra Philadelphia 76ers di American Airlines Arena tak mengubah nasib yang sudah dipastikan tak berpeluang lolos ke fase playoff.

Pasalnya, jika pun Pistons menelan kekalahan di laga pamungkas dan Heat menang, catatan total kedua tim setara namun Pistons unggul berdasarkan prosentase kemenangan melawan tim-tim Wilayah Barat dibandingkan Heat.

Baik Pistons maupun Hornets wajib menang di laga pamungkas jika ingin lolos. Namun, Hornets perlu syarat lain yakni Pistons menelan kekalahan.

Sebab jika catatan akhir kedua tim setara, maka Hornets bakal memperoleh keunggulan berkat keberhasilan menyapu bersih kemenangan dalam empat pertemuan melawan Pistons musim ini.

Namun jika kedua tim sama-sama menelan kekalahan di laga pamungkas, maka Pistons yang berhak mencetak tiket pamungkas fase playoff.

Di laga pamungkas, Kamis (11/4) WIB esok, Pistons bakal melawat ke markas tim pesakitan New York Knicks (16-64), sedangkan Hornets menjamu Orlando Magic (41-40) yang telah meraih gelar jawara Divisi Tenggara.

Baca juga: Sixers raih kemenangan ke-50 musim ini, jinakkan Bulls 116-96

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019