Jakarta (ANTARA) - Direktur operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) Dirk Soplanit mengatakan, rekomendasi Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) untuk Liga 1 Indonesia 2019 akan keluar akhir April 2019 atau dua minggu setelah permohonan diserahkan hari ini, Rabu (10/4).

"Mudah-mudahan rekomendasi keluar dalam dua minggu, setelah BOPI melakukan verifikasi dari permohonan rekomendasi kami. LIB siap memenuhi syarat yang diminta oleh BOPI," ujar Dirk Soplanit kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Dirk optimistis dapat menunaikan syarat-syarat yang diminta BOPI.

Menurut dia, kewajiban-kewajiban itu tidak sulit dipenuhi karena hampir serupa dengan syarat pada musim-musim sebelumnya.

"Soal itu seperti tentang izin pemain asing, kondisi stadion, badan hukum klub, pemenuhan gaji dan lain-lain. Saya yakin itu bisa dipenuhi karena liga sudah berulang kali berlangsung, kan. Tinggal kami benahi yang kurang-kurang saja," tutur Dirk.

Baca juga: PT Liga Indonesia tuntaskan draf jadwal kompetisi Liga 1

Ketua BOPI Richard Sam Bera menyambut baik kedatangan PT LIB untuk meminta rekomendasi Liga 1 Indonesia 2019 yang akan digelar mulai Rabu, 8 Mei 2019.

Richard menegaskan, BOPI akan segera melakukan verifikasi agar rekomendasi bisa diterbitkan.

"Dalam dua pekan ini kami melakukan verifikasi. Jadi, LIB bisa fokus mengatur teknis dari awal April 2019," kata dia.

Liga 1 Indonesia 2019 diputuskan bergulir pada Rabu, 8 Mei 2019, sesuai dengan kesepakatan dalam kongres tahunan PSSI pada Januari 2019 yang memutuskan Liga 1 Indonesia musim 2019 ditargetkan mulai berjalan antara 1 hingga 8 Mei 2019.

Persija Jakarta adalah klub juara Liga 1 Indonesia tahun lalu, sedangkan di Liga 2, PSS Sleman menjadi yang terbaik usai menaklukkan Semen Padang dalam final.

Baca juga: Persija versus Semen Padang buka Liga 1 2019

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019