Lamongan (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin menghadiri Apel Akbar Banser se-Lamongan, Tuban, Bojonegoro di Lapangan Banyubang, Solokuro, Lamongan, Jawa Timur, Rabu petang.

Kiai Ma'ruf hadir didampingi Ustadz Yusuf Mansur. Ia disambut ribuan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU).

Saat memberikan sambutan, Kiai Ma'ruf menyampaikan penghargaan kepada seluruh anggota Banser yang sudah apel sejak siang.

Kiai Ma'ruf pun mengobarkan semangat kepada para anggota Banser, yang mengenakan seragam loreng. Ia meminta Banser tak lelah membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kiai.

"Siap membela NKRI? Siap membela Kiai? Siap mengawal NU?" kata Kiai Ma'ruf yang dijawab ribuan Banser dengan, "Siap!"

Menurut Kiai Ma'ruf, seluruh anggota Banser harus siap setiap saat. Karena bagi NU, NKRI adalah harga mati. Kiai Ma'ruf pun mengutip penggalan lagu Yaa Lal Wathon, diikuti ribuan Banser.

"Indonesia negeriku, engkau panji martabatku. Siapa datang mengancammu, kan binasa di bawah dulimu. Karena akan berhadapan dengan Banser-Banser Nahdlatul Ulama," kata Kiai Ma'ruf.

Menutup sambutannya, Kiai Ma'ruf yang pernah memimpin Banser di Koja, Jakarta Utara, pada tahun 1964-1966 berpesan agar Banser terus menjaga kekompakan untuk menjaga NKRI.

"Siap jaga NKRI? Jaga Pancasila siap? Jaga NU siap? Jaga ulama siap?" tanya Kiai Ma'ruf disambut jawaban ribuan Banser, "Siap!"

Sementara itu, Ustadz Yusuf Mansur sempat bernyanyi Yaa Lal Wathon bersama dengan para Banser. Ia juga mendoakan para Banser untuk sukses ke depannya.

"Mudah-mudahan Banser yang belum pergi haji bisa pergi haji. Yang belum umrah bisa umrah. Yang jomblo biar nikah. Putra-putranya jadi kiai. Biar anak-anaknya jadi bupati, gubernur, dan presiden. Terima kasih," kata Yusuf.

Sementara Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh kader Ansor untuk menyukseskan Gerakan Rabu Putih dan mencoblos pasangan calon Presiden nomor urut 01, yang berbaju putih-putih, pada 17 April nanti.

"Saat ini adalah momentum untuk membuktikan komitmen kita para pemuda Ansor dalam menjaga NKRI dan membuktikan ketaatan pada kiai dengan mendukung Kiai Ma'ruf Amin agar menjadi Wakil Presiden 2019-2024," tandas Gus Yaqut.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019