Medan (ANTARA) - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyerahkan 50 unit sepeda motor trail berteknologi navigasi cukup canggih kepada Panglima Kodam l/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI M Sabrar Fadhilah di Medan, Rabu.

Sebagai komando teritorial dengan beban tanggung jawab cukup besar dan wilayah operasi luas, pemerintah menyadari personel-personel di lingkup teritorial Kodam I/Bukit Barisan memerlukan sarana transportasi yang handal.

Apalagi Pemilu 2019 sudah ada di pelupuk mata sehingga tugas pengamanan itu harus semakin didukung sarana dan prasarananya.

Dengan begitu, pemberian sepeda motor trail buatan PT Pindad bernama Bimasakti itu bertujuan membantu prajurit TNI dalam tugas pengamanan di lapangan.

"Kodam l/Bukit Barisan ini kan luas. Diperlukan kecepatan dalam bertindak. Sepeda motor ini diharapkan mampu membantu tugas-tugas prajurit," ujar Ryamizard di aula Markas Kodam l/Bukit Barisan.

Untuk tahap awal, dia memberikan 25 unit sepeda motor trail Bimadakti hasil kerja tim di PT Pindad Engineering di Bandung.

"Sekarang 25 unit dululah nanti 50 unit, nanti kita bagikan sesuai rencana. Pergunakan sebaik-baiknya untuk menjalankan tugas," katanya.

Ryamizard yang 14 tahun masa dinas aktifnya di ketentaraan habis di medan-medan penugasan di dalam dan luar negeri juga berkisah sedikit tentang Kodam I/Bukit Barisan yang memberi warna tersendiri selama memimpin TNI AD.

Ia juga yang merintis konsep organisasi hingga operasionalisasi Batalyon Infantri/Raider yang dimiliki semua Kodam di Indonesia serta Peleton Pengintai Tempur Kostrad.

Menanggapi bantuan alat transportasi darat itu, Fadillah menyatakan bantuan sepeda motor ini akan sangat membantu prajurit dalam menjalankan tugas-tugas di lapangan.

"Apalagi tanggung jawab keamanan Kodam l/Bukit Barisan itu sangat luas. Kami sampaikan ucapan rasa syukur atas perhatian menteri pertahanan,” ujarnya.

Wilayah tanggung jawab Kodam I/Bukit Barisan adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau Kepulauan dan Riau.

Perwira tinggi TNI AD yang pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan TNI ini mengatakan bantuan ini memberikan semangat dan menambah kinerja untuk semakin lebih baik.

"Kami sangat bersyukur dan terima kasih atas perhatian Bapak Menteri, nanti kami atur pemberian Bapak agar semua dapat menambah moril dan memperlancar kami dalam menjalankan tugas," katanya.

Ia juga menyatakan, seluruh jajarannya siap mengamankan kelangsungan semua proses Pemilu 2019.

"Saya siaga di tempat, memastikan semuanya berjalan baik, apakah itu ke dalam internal kami ataupun ke luar dengan instansi lain terkait,” kata dia.
Baca juga: Menhan Minta Ulama Ikut Jaga Keutuhan NKRI
Baca juga: Menhan : Pertahanan Indonesia Kuat
Baca juga: Ryamizard: Ulama dan santri harus jadi garda terdepan menjaga NKRI

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019