isu-isu dalam roadmap ini akan dibahas secara mendalam dan praktis (practical) melalui FGD-FGD, survei serta kuesioner yang telah dilakukan sebelumnya
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sedang menyiapkan roadmap atau peta jalan perekonomian Indonesia 2019-2024 untuk lima tahun ke depan.

"Seperti yang kami lakukan lima tahun lalu pada 2014, kami juga menyiapkan roadmap perekonomian bagi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) terpilih," tutur Wakil Ketua Umum Apindo Shinta W Kamdani di Jakarta, Rabu.

Shinta menjelaskan bahwa hal yang membedakan dengan apa yang pihaknya lakukan saat ini adalah roadmap yang dipersiapkan sekarang merupakan roadmap perekonomian yang mencakup survei yang pihaknya lakukan, beberapa focus group discussion (FGD) dari para pelaku usaha di sektor-sektor tertentu.

"Roadmap perekonomian Apindo ini untuk 2019-2024 akan ditulis berdasarkan tiga bagian yang utama, pertama adalah bagian konseptual atau studi literaturnya, kedua yakni masukan dan hasil rekomendasi survei FGD dan pelaku usaha, dan yang ketiga adalah matriks kebijakannya," katanya.

Menurut Shinta, isu-isu dalam roadmap ini akan dibahas secara mendalam dan praktis (practical) melalui FGD-FGD, survei serta kuesioner yang telah dilakukan sebelumnya.

"Semua ini prosesnya sedang berlangsung saat ini, adapun target responden dari kuesioner itu juga kita ambil dari pelaku usaha berbagai sektor. Roadmap juga menyajikan matriks kebijakan yang berisi rekomendasi kebijakan dan tantangan dunia usaha terhadap beragam isu," tutur Wakil Ketua Umum Apindo tersebut.

Kalangan pengusaha tengah menyusun peta jalan perekonomian Indonesia sebagai kontribusi pemikiran para pengusaha bagi kepemimpinan nasional 2019—2024.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Hariyadi B. Sukamdani menyebutkan, peta jalan itu diharapkan dapat mencerminkan pandangan, pemikiran dan harapan dunia usaha untuk meningkatkan daya saing nasional.

Diharapkan para pelaku usaha mampu bersinergi dengan pemerintah untuk meningkatkan kinerja perekonomian di masing-masing daerahnya yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing nasional.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2019