Koba, Babel, (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Bangka Belitung, Brigjen Pol Istiono mengatakan, keberagaman beragama di daerah itu sudah menjadi contoh bagi daerah lainnya.

"Keberagaman di daerah ini menjadi potret bahwa kebhinnekaan sangat kental, ini mesti kita rawat dengan menjaga persatuan dan kesatuan," katanya di Lubuk Besar, Bangka Tengah, Kamis.

Ia menjelaskan, menjelang pemilu serentak pada 17 April 2019 keberagaman dalam bingkai persatuan dan kesatuan di daerah itu menjadi modal yang kuat untuk mewujudkan pemilu yang aman dan damai.

"Kesiapan kami sudah sempurna dengan berbagai langkah, bersinergi dengan berbagai pihak untuk menyentuh masyarakat paling ujung," ujarnya.

Ia mengatakan, sosialisasi pemilu damai dan kondusif juga terus kami laķukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat berdemokrasi.

"Secara umum kami lihat di daerah ini situasinya cukup kondusif, tentu kami mengimbau masyarakat tetap menjaga situasi ini untuk menciptakan pesta demokrasi yang damai," ujarnya.

Pihak Polda Babel mengantisipasi konflik sosial di masyarakat menjelang dan sesudah pemilu dan pihaknya sudah melakukan pemetaan daerah rawan.

"Intinya polisi bersama TNI dan unsur masyarakat terus bersinergi dalam rangka menciptakan pemilu yang aman dan damai," ujarnya. 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019