Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengatakan kehadiran tol Bocimi yang menghubungkan Bogor dengan Sukabumi menjadi solusi kemacetan yang selama ini terjadi.

"Kita harapkan nanti selesai ke Sukabumi paling-paling 35 sampai 40 menit," kata Jokowi saat berpidato dalam kegiatan kampanye di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Jokowi berkampanye di Kabupaten Bogor yang dipusatkan di area parkir Sirkuit Sentul. Kampanye dihadiri relawan dan simpatisan pendukung pasangan calon petahana.

Jokowi mengatakan selama ini perjalanan dari Bogor dan Sukabumi ditempuh selama berjam-jam karena kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Ciawi-Sukabumi.

Padahal, lanjut Jokowi, jarak tempuh antara Bogor dan Sukabumi berkisar 50 sampai dengan 60 kilo meter.

"Sebetulnya jarak Bogor-Sukabumi tidak jauh tapi ditempuh dengan waktu sangat panjang tiga sampai empat jam," katanya.

Tol Bocimi seksi I menghubungkan Ciawi dengan Cigombong sepanjang 15,36 kilo meter telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Desember 2018 lalu.

"Kita harapkan selesainya nanti tol Bocimi, kita selesaikan sekarang Bogor sampai Cigombong, dan terus sampai Sukabumi," kata Jokowi yang disambut elu-elukan dari para simpatisan dan relawan yang memanggil nama Jokowi.

Selain menyampaikan tentang program pembangunan Tol Bocimi, Jokowi juga menjelaskan tiga kartu yang menjadi program kampanyenya. Yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Pra Kerja dan Kartu Sembako Murah.

Kampanye paslon nomor urut 01 dihadiri para ketua Relawan Pengusaha Muda Nasional dukung Jokowi-Ma'ruf (Repnas) se-Indonesia dan dihibur oleh artis band Ibu Kota yakni Republik, Ifan Seventeen dan Ivan Govinda. 

Pewarta: Laily Rahmawaty, Joko Susilo
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019