Bangka Tengah (ANTARA) - Indonesia Port Corporation (IPC) atau PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Pangkalbalam, Kepulauan Bangka Belitung, menggelar Jumat Bersih di Pantai Baskara, Kabupaten Bangka Tengah, sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap kebersihan lingkungan pantai itu.

"Kegiatan Jumat Bersih kali ini dipusatkan di Pantai Baskara," kata General Manajer IPC Pangkalbalam, Nugroho Iwan Prasetyanto usai kegiatan membersihkan sampah di Pantai Baskara, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan Jumat Bersih ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap Jumat, guna mewujudkan lingkungan sehat, asri dan indah.

"Seluruh sampah-sampah plastik, rumah tangga dan lainnya di pantai ini dibersihkan, sehingga dapat meminimalisir pencemaran lingkungan di pantai ini," ujarnya.

Perangkat Desa Baskara Bakti, Dopa mengatakan kegiatan Jumat Bersih yang digelar IPC Pangkalbalam menjadi contoh bagi warga dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada IPC yang telah suka rela membersihkan pantai ini dan diharapkan kegiatan ini dapat memotivasi warga menjaga kebersihan pantai dan lingkungannya," katanya.

Menurut dia, saat ini kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai dan lingkungannya masih kurang, sehingga perlu dorongan dan motivasi kepada warga agar selalu menjaga kebersihan.

"Jika, lingkungan ini bersih tentu warga juga yang diuntungkan. Mereka dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti malaria, DBD, ispa, diare dan lainnya selama musim hujan ini," katanya.

Oleh karena itu, dia mengimbau warga tidak lagi membuang sampah khususnya plastik secara sembarangan untuk menjaga kelestarian lingkungan pantai ini.

"Kami terus mengajak warga agar selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan," katanya.*


Baca juga: "Jumat Bersih" di Riau wajibkan pegawai bersihkan lingkungan

Baca juga: Bukittinggi targetkan 6.000 warga dalam Gerakan Memungut Sampah

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019