Jakarta (ANTARA) - Kegiatan pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 bagi para warga negara Indonesia (WNI) di Uni Emirat Arab dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Abu Dhabi pada Jumat, 12 April 2019.

PPLN Abu Dhabi menyelenggarakan kegiatan Pemilu Serentak 2019 bagi WNI yang bermukim di Abu Dhabi pada hari ini (Jumat) sejak pukul 08.00 pagi hingga 18.00 sore di Tempat Pemungutan Suara (TPS) KBRI Abu Dhabi.

Selain melalui metode pemilihan TPS, kegiatan pemungutan suara di Abu Dhabi juga dilakukan dengan dua metode lain, yaitu Kotak Suara Keliling (KSK) dan Pos.

Tercatat 4.406 orang WNI terdaftar sebagai pemilih di Abu Dhabi. Dari angka tersebut, 2.667 orang memilih untuk mencoblos langsung di TPS, 812 orang dengan metode KSK, dan sisanya 927 orang melalui pos.

Khusus bagi pemilih dengan metode KSK, periode pemungutan suara adalah 8-11 April 2019. Sementara bagi pemilih yang menggunakan pos sudah dapat mencoblos lebih awal sejak menerima surat suara yang dikirimkan oleh petugas KPPSLN sejak pertengahan Maret 2019.

Pelaksanaan pemungutan suara dengan KSK dipusatkan di kota Abu Dhabi, Al Ain, dan Ruwais. Para petugas telah menemui langsung para pemilih yang berada di rumah-rumah, kantor tempat para pemilih bekerja, dan bahkan di atas kapal laut yang tengah bersandar.

Hal itu mengingat besarnya antusiasme para pelaut berkebangsaan Indonesia yang ingin menggunakan hak pilihnya namun terkendala dengan situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk dapat mendatangi langsung TPS.

Kegiatan pemungutan suara di TPS KBRI Abu Dhabi dimeriahkan dengan kehadiran bazaar kuliner khas Indonesia dan diwarnai kegiatan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis oleh sejumlah perawat yang tergabung dalam Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Uni Emirat Arab.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Bambang Purwanto
Copyright © ANTARA 2019