Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Abu Dhabi memastikan agar Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 bagi warga Indonesia di Uni Emirat Arab dilaksanakan secara jujur dan adi, demikian keterangan tertulis dari KBRI Abu Dhabi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Kegiatan pemilu serentak 2019 bagi warga negara Indonesia (WNI) di Uni Emirat Arab dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Abu Dhabi pada Jumat, 12 April 2019.

PPLN Abu Dhabi menyelenggarakan kegiatan Pemilu Serentak 2019 bagi WNI yang bermukim di Abu Dhabi pada hari ini sejak pukul 08.00 pagi hingga 18.00 sore di Tempat Pemungutan Suara (TPS) KBRI Abu Dhabi.

Selain melalui metode pemilihan TPS, kegiatan pemungutan suara di Abu Dhabi juga dilakukan dengan dua metode lain, yaitu Kotak Suara Keliling (KSK) dan Pos.

Pelaksanaan pemungutan suara dengan KSK dipusatkan di kota Abu Dhabi, Al Ain, dan Ruwais. Para petugas telah menemui langsung para pemilih yang berada di rumah-rumah, kantor tempat para pemilih bekerja, dan bahkan di atas kapal laut yang tengah bersandar.

Untuk memastikan kegiatan Pemilu berlangsung jujur, adil, dan bebas dari kecurangan, seluruh kegiatan pelaksanaan pemungutan suara dengan KSK di tiga kota tersebut diawasi dan, bahkan, didampingi langsung oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Abu Dhabi.

Tercatat 4.406 orang WNI terdaftar sebagai pemilih di Abu Dhabi. Dari angka tersebut, 2.667 orang memilih untuk mencoblos langsung di TPS, 812 orang dengan metode KSK, dan sisanya 927 orang melalui pos.  

Baca juga: Kemlu pastikan penghitungan suara pemilu luar negeri tetap 17 April
Baca juga: UNDP: antusiasme masyarakat di Pilpres lebih tinggi
Baca juga: WNI di UAE ikuti paparan soal pemilu

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019