counter

BMKG keluarkan peringatan dini tsunami untuk Sulteng

BMKG keluarkan peringatan dini tsunami untuk Sulteng

Suasana Jalan Raya Kota Luwuk yang dipenuhi kendaraan warga yang mengungsi ke gunung, Jumat (12/4/2019) malam. (Foto: Antaranews Sulteng/Pian)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah Sulawesi Tengah terkait gempa bumi magnitudo 6,9 yang mengguncang Sulawesi Tengah pada Jumat (12/4) pukul 18.40 WIB.

Informasi dari BMKG menyebutkan untuk wilayah Morowali Sulawesi Tengah perlu mewaspadai munculnya tsunami. Waktu tiba gelombang diperkirakan dapat berbeda.

BMKG juga menyebutkan gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar.
 


Gempa bumi magnitudo 6,9 terjadi pada Jumat (12/4) pukul 18.40 WIB dengan lokasi 87 kilometer Barat Daya Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.

Informasi dari yang diterima di Jakarta, Jumat menyebutkan pusat gempa berada di 1.90 Lintang Selatan dan 122.54 Bujur Timur dengan kedalaman gempa berada pada 10 kilometer.

Getaran gempa dirasakan di Sumalata III Modified Mercalli Intensity (MMI), Manado II MMI, Gorontalo II-III MMI, Kotamobagu III MMI, di Kolaka utara III -IV MMI
Kendari II -III MMI, Konawe II MMI, Kolaka III MMI, konawe kepulauan III MMI.*


Baca juga: Gempa magnitudo 6,9 SR guncang Banggai Kepulauan Sulteng

Baca juga: Gempa 6,9 SR landa Banggai, warga berlarian ke gunung

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sejak awal 2019 sudah 665 kali gempa terjadi di Sulteng

Komentar