counter

Gempa Banggai 6,9 magnitudo terasa sampai Makassar

Gempa Banggai 6,9 magnitudo terasa sampai Makassar

Gambar lokasi gempa di monitor BMKG lokasi Banggai Kepulauan, Provinsi Sulsel, pada Jumat (12/4/2019). FOTO/HO/Dokumentasi BMKG.

Makassar (ANTARA) - Gempa bumi kembali terjadi di Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah dengan kekuatan 6,9 magnitudo, Jumat petang, terasa hingga Makassar, Sulawesi Selatan.

Berdasarkan infomasi yang diperoleh dari Badan Meteriologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) kejadian pada pukul 18.40 WIB berada di lokasi 1.90 Lintang Selatan (LS) dan 122.54 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berada sekitar 87 kilometer barat daya Banggai, Sulteng di kedalaman 10 kilometer.

Gempa dirasakan di Morowali, Banggai dan Palu IV MMI, Kolaka Utara III-IV MMI, Sumalata, Kotamobagu, Palopo, Kolaka, Toli-toli dan Kepulauan Konawe III MMI, Gorontalo dan Kendari II-III MMI, Manado, Pinrang, Konawe dan Makassar II MMI. Getaran juga terasa di Poso, Buol, Kolaka Utara, dan Kendari II-III MMI, serta Konawe II

Selain itu, BMKG telah mengeluarkan status peringatan dini berpotensi tsunami untuk wilayah Sulteng berdasarkan pemodelan kota kabupaten (provinsi).

"Peringatan dini tsunami untuk wilayah Sulteng, Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,9, pukul 18.40 WIB. Lokasi barat daya Banggai Kepulauan, Sulteng, kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut," sebutnya.

Daryanto membenarkan gempa bumi di daerah Banggai tersebut getaran terasa sampai Makassar dan kabupaten kota di sekitar titik lokasi gempa.

Video saat gempa berlangsung menjadi viral dan beredar luas di media sosial memperlihatkan kepanikan warga setempat saat gempa tersebut terjadi. Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak terkait.

Pasar murah di Banggai untuk tekan harga selama Ramadhan

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar