counter

Penahanan mantan bos Nissan Ghosn diperpanjang

Penahanan mantan bos Nissan Ghosn diperpanjang

FILE PHOTO: Former Nissan Motor Chairman Carlos Ghosn sits inside a car as he leaves his lawyer's office after being released on bail from Tokyo Detention House, in Tokyo, Japan, March 6, 2019. REUTERS/Issei Kato/File Photo (REUTERS/Issei Kato)

Tokyo (ANTARA) - Pengadilan Distrik Tokyo, Jumat, mengatakan memperpanjang masa penahanan Carlos Ghosn hingga 8 hari, seraya memberikan jaksa hingga 22 April untuk mengajukan tuntutan resmi terhadap mantan bos Nissan Motor Co tersebut atau membebaskannya.

Ghosn pekan lalu ditangkap untuk ke empat kalinya karena diduga menggunakan dana 5 juta dolar AS dari perusahaan Nissan untuk memperkaya diri sendiri.

Ia kini juga sedang menunggu persidangan atas tuduhan pelanggaran keuangan lainnya dan pelanggaran kepercayaan. Ghosn, yang dibebaskan dengan uang jaminan 9 juta dolar AS pada awal Maret setelah dipenjara 108 hari, membantah semua tuduhan yang diberikan terhadapnya.

Awalnya masa penahanan Ghosn ditetapkan berakhir pada Minggu, dan diperkirakan akan diperpanjang maksimal 10 hari ke depan. Lembaga penyiaran NHK mengatakan jarang permintaan penahanan penuh jaksa ditolak dan dipersingkat.

Tim pembela Ghosn melancarkan perseteruan sengit dan terbuka terhadap jaksa penuntut Tokyo, menyebut penangkapan terbaru terhadap kliennya "ilegal" dalam dokumen yang dilihat oleh Reuters.

Sumber: Reuters
Baca juga: Carlos Ghosn sebut dirinya korban konspirasi eksekutif Nissan
​​​​​​​
Baca juga: Ghosn bakal tersandung kasus baru, terkait transfer ke OmanBaca juga: Jika dibebaskan, Ghosn siap aktivitasnya dipantau kamera

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar