Ini kereta punya Pak Jokowi, didatangkan dari Solo sejak Jumat (12/4/2019)
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo akan menumpang kereta kencana dalam parade budaya nusantara.

Menurut keterangan kusir kereta kencana, Sunardi (52), kepada ANTARA di halaman Tennis Indoor Senayan, Sabtu, kereta kencana tersebut didatangkan dari Solo, Jawa Tengah.

"Ini kereta punya Pak Jokowi, didatangkan dari Solo sejak Jumat (12/4/2019)," ungkap Sunardi.

Sunardi menambahkan kusir yang akan menarik kereta kencana kedua bernama Bejo.
Persiapan parade budaya yang akan diikuti oleh calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo di Stadion GBK, Jakarta pada Sabtu (13/4/2019). (Bayu Prasetyo)

Sebanyak dua kereta kencana berwarna hijau itu terparkir di halaman Stadion Tennis Indoor, Senayan. Kereta kencana itu dihias model betawi dengan tempelan ondel-ondel di belakangnya.

Masing-masing kereta ditarik oleh dua kuda. Kuda-kuda itu juga memiliki nama yakni "Clara" dan "Faris", serta "Agustin" dan "Putri".

Para kusir dan pembantu kusir pun mengenakan pakaian adat khas betawi dengan peci hitam, baju hitam dan untaian sarung di lehernya.

"Saya bangga bisa ikut serta dalam kampanye pak Jokowi. Saya memang mengurus kereta kencananya," ujar Sunardi.

Saat dua kereta kencana berjalan, kuda juga akan dipandu oleh masing-masing empat orang pembantu kusir di tiap kereta kencana.

Dalam parade budaya nusantara itu juga akan diiringi seni tari-tarian dan seni budaya Indonesia yang dibawakan beberapa sanggar tari.

Sejumlah tarian tersebut antara lain Tari Sepayung Nusantara, Tari Payung Bengkulu, Tari Gedruk, dan Tari Topeng Ireng.

Jokowi direncanakan menumpang kereta kencana usai orasi politik dalam kampanye terbuka bersamaan Konser Putih Bersatu dengan rencana rute dari Stadion Utama Gelora Bung Karno menuju Hotel Fairmont, Senayan.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019