counter

KAI gratiskan tiket KA Pandanwangi Jember-Banyuwangi

KAI gratiskan tiket KA Pandanwangi Jember-Banyuwangi

Sejumlah penumpang naik KA Pandanwangi yang tiketnya digratiskan untuk keberangkatan 13 April 2019 di Stasiun Jember, Sabtu (13/4/2019). (ANTARA/Zumrotun Solichah)

Promo tiket KA lokal tarif Rp0 tersebut merupakan kontribusi KAI dalam mewujudkan BUMN hadir untuk negeri
Jember (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember menggratiskan tiket kereta api lokal KA Pandanwangi relasi Jember-Banyuwangi pulang pergi (PP) untuk keberangkatan Sabtu dalam rangka memperingati Ulang Tahun Ke-21 Kementerian BUMN.

"Masyarakat bisa mendapatkan tiket KA Pandanwangi tersebut secara cuma-cuma di loket stasiun keberangkatan secara go-show atau pada hari keberangkatan," kata Manajer Humas PT KAI Daop 9 Luqman Arif di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Menurutnya, PT KAI memberlakukan tiket dengan tarif Rp0 atau gratis untuk KA Lokal untuk menyemarakkan HUT ke-21 Kementerian BUMN yang sekaligus meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api dan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan moda transportasi umum ketika bepergian ataupun beraktivitas sehari-hari.

"Promo tiket KA lokal tarif Rp0 tersebut merupakan kontribusi KAI dalam mewujudkan BUMN hadir untuk negeri, sehingga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan tiket promo gratis semaksimal mungkin," tuturnya.

Ia menjelaskan KA Pandanwangi melakukan empat kali perjalanan setiap harinya yakni terdiri dari dua kali keberangkatan dari Stasiun Jember pada pukul 05.15 WIB dan 15.30 WIB, kemudian berangkat dari Stasiun Banyuwangi baru pada pukul 10.00 WIB dan 20.30 WIB.

"Kuota tiket gratis itu sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api yakni rangkaian KA Pandanwangi terdiri dari enam kereta kelas ekonomi yang totalnya sebanyak 636 tempat duduk," katanya.

Luqman mengatakan setiap calon penumpang dapat membeli maksimal satu tiket, kecuali membawa anak usia dibawah sepuluh tahun dan orang lanjut usia (lansia).

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, lanjut dia, KA lokal Pandanwangi memiliki kapasitas angkut sebanyak 150 persen dari jumlah tempat duduk, sehingga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan tiket kereta gratis dengan sebaik-baiknya.

"Kami juga menyediakan 600 paket makanan khas Jember berupa suwar-suwir dan prol tape secara gratis khusus kepada penumpang KA Pandanwangi keberangkatan Stasiun Jember pada jam 15.30 WIB," ujarnya.

Ratusan paket makanan khas Kota Pandhalungan itu dibagikan di Stasiun Jember, setelah penumpang tersebut melaksanakan proses boarding, sehingga diharapkan masyarakat semakin nyaman dalam melakukan perjalanan menuju beberapa stasiun sepanjang Stasiun Jember hingga Stasiun Banyuwangi baru.

Baca juga: Perjalanan KA lokal Daop 6 digratiskan satu hari
Baca juga: KAI rilis jadwal kereta mudik/balik gratis Lebaran 2019

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Rayakan ultah, BUMN luncurkan LinkAja

Komentar