London (ANTARA) - Pemilihan umum di Bulgaria dilakukan pada Sabtu (13/4) untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden RI dan DPR RI Dapil II Jakarta Selatan periode 2019-2024 dengan datang langsung ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di KBRI Sofia.

Sekretaris pertama pensosbud KBRI Sofia, Nurul Sofia kepada Antara London, Sabtu, mengatakan tercatat 32 WNI dari 44 WNI terdaftar dalam DPT LN Sofia yang menggunakan hak pilihnya. Pemilih menggunakan hak pilihnya dengan datang langsung antara pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. 5 WNI dalam Daftar Pemilih Tambahan (dari 10 DPTb) juga memberikan suara satu jam sebelum TPS ditutup.

Icha, salah satu WNI yang baru datang ke Sofia pada akhir Januari , sangat senang bisa menggunakan hak suaranya dengan mendapat cadangan kertas suara pada satu jam terakhir. Indah, pemudi milenial yang baru pertama kali ikut pemilu juga sangat antusias ikut serta dalam pesta demokrasi.

Zaenal sebagai Ketua PPLN Sofia sempat tidak bisa tidur namun senang akhirmya semua berjalan lancar.

Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid juga melaksanakan hak pilihnya dengan mengingatkan jalannya pemilu yang berdaulat untuk mendukung negara yang kuat.

Baca juga: 11.744 WNI di Belanda gunakan hak pilih Pemilu 2019
Baca juga: Pelajar Indonesia di China serukan demokrasi tanpa kecurangan


Sementara WNI yang berada jauh dari Kota Sofia serta di dua negara akreditasi KBRI Sofia lainnya, yaitu Makedonia Utara dan Albania, telah menggunakan hak pilihnya melalui surat suara yang dikirimkan PPLN Sofia melalui jasa pos tercatat (DHL) pada  20 Maret untuk tahap pertama, serta tahap kedua tanggal 1 April 2019. Hingga hari ini, untuk metode pos, telah diterima kembali 20 surat suara dari 29 daftar pemilih dengan metode pos. Sisa surat suara melalui pos akan ditunggu hingga tanggal 17 April 2019 untuk dihitung bersama surat suara TPS di KBRI Sofia.

Pemilihan umum di KBRI Sofia berlangsung lancar, damai, di tengah suasana kekeluargaan. Setelah menggunakan hak pilihnya, masyarakat Indonesia yang hadir melakukan swafoto dengan menggunakan frame khusus pemilu, serta menikmati lezatnya kuliner nusantara seperti onde-onde, mie goreng, pisang coklat, tahu goreng, martabak, dan bebek penyet. Acara ini juga merupakan silaturahmi pelepas rindu antara warga yang tinggal di Bulgaria.

Baca juga: Dubes Yuri Thamrin berikan suara di TPSLN Belgia
Baca juga: Antrean pemilih warnai pesta demokrasi di Stockholm
Baca juga: Mantan Menlu Slowakia Pavol Demes melihat Pemilu di KBRI Bratislava


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019