counter

Liga Belanda

Trigol Huntelaar bantu Ajax hancurkan Excelsior 6-2

Trigol Huntelaar bantu Ajax hancurkan Excelsior 6-2

Penyerang Ajax Klaas-Jan Huntelaar merayakan gol pertamanya ke gawang Excelsior dalam laga lanjutan Liga Belanda di Stadion Johan Crujff Arena, Amsterdam, Belanda, Sabtu (13/4/2019) setempat. (twitter.com/AFCAjax)

Jakarta (ANTARA) - Penyerang gaek Ajax, Klaas-Jan Huntelaar, mencetak trigol saat ia membantunya menghancurkan Excelsior 6-2 dalam laga pekan ke-30 Liga Belanda di Stadion Johan Crujff Arena, Amsterdam, Belanda, Minggu dini hari WIB.

Selain Huntelaar, Dusan Tadic turut membantu kemenangan Ajax dengan catatan dwigol yang kemudian dilengkapi oleh Kasper Dolberg, sedangkan Excelsior cuma bisa membalas lewat Mounir El Hamdaoui dan Jeffry Fortes, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Kemenangan itu sekaligus memantapkan posisi Ajax di puncak klasemen dengan koleksi 74 poin, sedangkan Excelsior (26) tertahan di urutan ke-17.

Sayangnya, kemenangan itu mungkin harus dibayar mahal karena Frenkie de Jong menderita cedera dan meninggalkan lapangan pada pertengahan babak pertama.

Baca juga: Ajax, Tottenham terancam sanksi UEFA akibat ulah penonton

Laga baru berjalan 10 menit ketika Huntelaar membuka keunggulan Ajax dengan menyelesaikan umpan terobosan kiriman Donny van de Beek.

Gol kedua Ajax lahir pada menit ke-37 lewat sontekan jarak dekat Tadic memanfaatkan bola kiriman Huntelaar.

Tiga menit berselang, Huntelaar mencetak gol keduanya di laga tersebut, kali ini berasal dari umpan kiriman Hakim Ziyech.

Excelsior sempat memperkecil ketertinggalan mereka menjadi 1-3 dua menit kemudian lewat sepakan kaki kanan El Hamdaoui yang menghujamkan bola ke sudut kiri atas gawang.

Pada menit ke-59, Ajax memperoleh hadiah tendangan penalti yang berhasil dimanfaatkan tanpa cela oleh Tadic untuk merestorasi keunggulan tiga gol tuan rumah.

Lima menit kemudian, Huntelaar melengkapi raihan trigol dengan sepakan kaki kanannya untuk membawa Ajax unggul 5-1.

Pada menit ke-75, Dolberg turut mencatatkan namanya di papan skor dengan tembakan keras dari sisi kiri hadapan gawang demi memperbesar keunggulan Ajax menjadi 6-1.

Semenit jelang waktu normal berakhir sebuah gol hiburan tambahan untuk Excelsiort terlahir dari kepala Fortes menyambut umpan silang Ali Messaoud.

Papan skor memperlihatkan kedudukan enam untuk Ajax dan dua bagi Excelsior ketika peluit tanda laga usai berbunyi di Johan Crujff Arena.

Baca juga: Ajax tetap percaya diri

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Belanda:

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Donny van de Beek, Dusan Tadic (Joel Veltman), Frenkie de Jong (Juergen Ekkelenkamp); Hakim Ziyech, Klaas-Jan Huntelaar (Kasper Dolberg), David Neres
Pelatih: Erik ten Hag

Excelsior (4-4-2): Alessandro Damen; Siebe Horemans, Jurgen Mattheij, Thomas Oude Kotte, Herve Matthys; Jeffry Fortes, Jerdy Schouten, Ryan Koolwijk, Luigi Bruins (Mikael Anderson); Dennis Eckert (Ali Messaoud), Mounir El Hamdaoui (Dogucan Haspolat)
Pelatih: Andre Hoekstra

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar