London (ANTARA) - Media Slowakia meliput kegiatan Pemilu tahun ini di KBRI Bratislava dan sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah RI untuk menjamin hak suara setiap warga termasuk yang berada di luar negeri karena hal tersebut tidak dilakukan oleh Slowakia yang hanya menyelenggarakan pemilu di wilayahnya.

Mantan Menlu Slowakia, Pavol Demes juga menyempatkan hadir ke KBRI Bratislava untuk melihat jalannya pelaksanaan Pemilu yang diselenggarakan oleh panitia Pemilu. 

Counsellor Pensosbud KBRI Slowakia, Lely Meiliani kepada Antara London, Sabtu, mengatakan pelaksanaan Pemilu diadakan di aula KBRI Bratislava yang bernuansa layaknya galeri batik.

Ketua KPPSLN Nurul Fashihah menyatakan bahwa menjadi Ketua KPPSLN merupakan pengalaman yang pertama kalinya. Ia bersyukur pelaksanaan Pemilu dapat berlangsung lancar, aman dan tertib.

WNI sangat antusias dengan Pemilu tahun ini. Menurut mereka, suara mereka akan menentukan Indonesia di masa depan. Bahkan seorang WNI rela datang ke TPS Bratislava dengan menempuh 4-5 jam dengan kereta ke kota Bratislava demi memberikan hak suaranya. Selain itu,WNI juga mengapresiasi kesiapan panitia dalam mempersiapkan pelaksanaan Pemilu.

Baca juga: Pemungutan suara Pemilu 2019 di Suriah berlangsung tertib lancar
Baca juga: Pemilu di Berlin ramai dan damai
Baca juga: 11.744 WNI di Belanda gunakan hak pilih Pemilu 2019

 

Selain itu, mereka juga sangat senang karena panitia menyiapkan berbagai makanan Indonesia mulai dari sarapan, makan siang dan makan malam, serta hiburan musik yang diisi oleh para WNI yang hadir. Perayaan lima tahun sekali juga menjadi ajang silaturahmi bagi WNI yang tinggal di Slowakia untuk saling mengobati kangen dengan sesama WNI di rantau.

Baca juga: Dubes Yuri Thamrin berikan suara di TPSLN Belgia
Baca juga: WNI di Bulgaria ramaikan pesta demokrasi Pemilu
Baca juga: Antrean pemilih warnai pesta demokrasi di Stockholm


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019