Jakarta (ANTARA) - Pebalap Mercedes-AMG F1 Lewis Hamilton merebut trofi juara GP China, yang merupakan balapan ke 1.000 di kalender Formula 1, pada Minggu.

Pebalap asal Inggris itu mampu mengungguli rekan satu timnya, Valtteri Bottas, yang start dari pole position, dan mendominasi balapan sepanjang 56 lap di Sirkuit Internasional Shanghai, China, itu, demikian laman resmi Formula 1.

Baca juga: Bottas ungguli Hamilton 0,023 detik untuk "pole position" GP China

Dengan strategi dua pit stop, juara dunia F1 sebanyak lima kali itu, finis 6,552 detik dari Bottas di peringkat dua yang menjadi finis 1-2 Mercedes untuk ketiga kalinya musim ini.

Balapan Grand Prix ke-1.000 ini menjadi pertarungan batin antara dua pebalap Ferrari.

Charles Leclerc, yang sempat unggul di posisi tiga, harus mematuhi perintah tim untuk memberi jalan Sebastian Vettel yang tertahan di belakang mobilnya pada lap 11.

Walaupun diuntungkan team order, Vettel seakan tak punya jawaban atas kecepatan dua pebalap Mercedes yang berada jauh di depan.

Baca juga: Tantang Mercedes, Vettel sebut P3 tawarkan Ferrari sejumlah opsi

Pebalap asal Jerman itu harus cukup puas berbagi podium dengan dua pebalap Mercedes setelah finis di peringkat ketiga dengan selisih 13,744 detik dari juara lomba.

Max Verstappen, yang memberi ancaman kepada duo Ferrari, finis di peringkat empat untuk Red Bull.

Sementara itu rekan satu tim Verstappen, Pierre Gasly finis P6 di belakang Leclerc di P5.
Mobil Red Bull RB15, bermesin Honda, yang dikendarainya juga mencetak waktu putaran tercepat di balapan sehingga pebalap asal Prancis itu mendapat tambahan satu poin.

Daniel Ricciardo memetik hasil positif dengan Renault kali ini dan meraih poin pertamanya setelah hasil buruk di dua balapan pertama musim ini.

Sergio Perez (Racing Point) dan Kimi Raikkonen (Alfa Romeo) finis P8 dan P9.

Pebalap Toro Rosso Alexander Albon tampil impresif di balapan kali ini dan melengkapi peringkat 10 besar. Setelah mengalami kecelakaan hebat di sesi latihan dan melewatkan babak kualifikasi, pebalap asal Thailand itu finis P10 dan mengemas satu poin setelah mengawali balapan dari posisi paling belakang, itu pun dari pit stop.

Baca juga: Ferrari gunakan komponen spesifikasi lama di GP China











 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019