Jakarta (ANTARA) - Siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Jakarta Intercultural School Jakarta Moses Mayer menggunakan teori matematika yakni teori permainan untuk mengatasi sampah.

"Saya sering melihat pemulung sedang mengorek tempat sampah di pinggir jalan untuk mencari sampah kering yang bisa mereka jual untuk daur ulang. Padahal banyak pihak (terutama rumah tangga) yang memiliki sampah kering justru bingung dalam mengelola sampah tersebut. Di sinilah muncul ide SampahLink yang menghubungkan para pemulung dengan pemilik sampah kering melalui aplikasi berbasis smartphone sehingga kedua pihak menjadi saling diuntungkan, serta dapat meningkatkan kesejahteraan para pemulung,"ujar Moses dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Minggu (14/4).

Penelitian itu dikembangkan melakukan riset matematika di bawah mentor Carl Yerger dari Davidson College di Amerika Serikat. Inilah awal dari munculnya ide SampahLink.

Melalui SampahLink, Moses ingin membantu mengurangi tingkat polusi, meningkatkan kesadaran daur ulang sampah kering serta menciptakan tingkat kehidupan serta masa depan yang lebih baik bagi para pemulung.

Melalui aplikasi itu, tidak hanya menghubungkan para pemulung dengan pemilik sampah kering, tetapi juga memberikan bantuan finansial untuk pengadaan alat dan pendidikan para pemulung serta komunitasnya

Ke depan, Moses ingin menjadi pengusaha sosial yang mengatasi sejumlah persoalan di Tanah Air.

Moses Yang meraih penghargaan internasional dan nasional di bidang matematika ini, sedang mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang universitas. Sebanyak lima kampus yang masuk dalam jajaran Ivy League dan siap menyambutnya seperti Harvard University, Princeton University, Yale University, Cornell University dan University of Pennsylvania. Selain itu, MET UC Berkeley, UCLA, University of Michigan dan Carnegie Melon University juga telah menerima Moses untuk belajar di kampus mereka.

Kepala Sekolah JIS Dr Tarek Razik mengatakan Moses adalah satu dari banyak siswa JIS yang memiliki semangat untuk meraih prestasi tinggi dan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk dunia di sekitarnya.

"Murid-murid ini mendapat kesempatan dan dukungan yang sangat besar dari JIS untuk bisa mengembangkan minat mereka sekaligus berkontribusi kepada masyarakat yang merupakan bagian dari kehidupan mereka. Inilah yang menjadikan JIS sebagai lembaga yang memiliki peran sangat penting dalam memajukan dunia pendidikan Indonesia sejak dulu hingga hari ini,” kata Tarek.

Pewarta: Indriani
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019